Tanaman Hias yang Cocok untuk Akuarium Ikan Cupang

Tim_Wow    •    Senin, 25 Januari 2021 | 16:42 WIB
Hiburan
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com  -- Belakangan ini memelihara tanaman hias dan ikan cupang menjadi trend di tengah pandemi Covid-19.

Berbagai macam tanaman hias saat ini diburu dan digandrungi masyarakat untuk dijadikan hiasan baik di dalam maupun luar ruangan.

Begitu juga dengan ikan cupang atau yang lebih dikenal dengan Betta Fish. Sangat digemari masyarakat lantaran warnanya yang indah.

Namun ternyata hobi tanaman hias dan memelihara ikan cupang bisa dipadukan. Ada beberapa tanaman hias yang bisa dihidupkan di akurium ikan cupang, sehingga perpaduan ini terlihat lebih indah dan menarik.

Dari berbagai sumber yang dirangkum beberapa tanaman hias ini bisa diletakan di dalam akuarium ikan cupang, seperti:

Bola lumut

Bola lumut atau lebih dikenal dengan nama kerennya Marimo Moss Ball, merupakan tanaman hias air yang biasanya ditempatkan di dalam akuarium. Berbentuk bulat layaknya seperti bola yang ditubuhi lumut.

Bola lumut ini tidak akan mengubah air akuarium menjadi kusam lantaran tak mudah rontok. Bahkan memiliki keunggulan untuk menyerap polutan, memproduksi oksigen dan mencegah pertumbuhan alga.

Tanaman ini merupakan salah  satu tanaman favorit bagi ikan cupang untuk bermain dan bersembunyi.  Untuk merawatnya, cukup bersihkan aquarium dua minggu sekali.

Java moss

Tanaman hias java moss akan membuat akuarium tampak mewah dan elegan. Akan terlihat rimbun di dalam akuarium.Tanaman ini juga disukai ikan cupang.

Ikan cupang terkadang akan mengunyah daunnya, bersembunyi di bawahnya, dan berenang mengelilinginya. 

Tanaman ini akan menempel di batu, kayu apung, dan dekorasi lain di akuarium. Sangat bagus untuk melapisi akuarium dan dapat menempelkannya di hampir semua tempat. Suhu ideal untuk java moss adalah antara 21-23 derajat celsius.

Aglaonema

Tanaman hias yang memiliki corak daun cantik dan memikat mata bisa mempercantik akuarium.

Siapkan botol bening berukuran besar ataupun vas, tanaman hias aglaonema yang sudah dibersihkan dari tanah, dan ikan cupang. Tanam aglaonema dalam akuarium yang penuh air. Aglaonema akan tetap hidup kendati tidak ada tanah di dalam akuarium, layaknya seperti tanaman hidropinik.

Selain tampak cantik, anglaonema akan membantu mensuplai oksigen ke dalam air yang dibutuhkan oleh ikan cupang.

Pakis Jawa

Pakis Jawa alias Java Fern bisa diletakan di akuarium yang cukup besar dengan kapasitas 30 hingga 50 liter. Tanaman ini bisa ditempelkan di kayu atau  ornamen akuarium.

Memasang java fern pun juga cukup mudah, pasang menggunakan benang, tali pancing, atau kabel tis untuk menempelkan pada kayu atau ornamen.

Untuk dapat tumbuh, java tern menyukai cahaya tingkat rendah. Artinya anda tidak perlu memberinya pencahayaan khusus dengan LED dan lebih hemat anggaran. Hanya hanya perlu memangkas daun yang berubah warna setiap minggunya. (bbs/*)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL