Timah Pimpin Kenaikan Harga Logam di Pasar Dunia

Tim_Wow    •    Senin, 25 Januari 2021 | 17:31 WIB
Ekonomi
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Harga logam di pasar dunia awal pekan ini kembali naik setelah akhir pekan lalu sempat melemah. Logam timah memimpin kenaikan harga logam pada Senin (25/1/2021) baik di pasar London Metal Exchange (LME) maupun Shanghai Futures Exchange (SHFE).

“Harga logam dasar di London Metal Exchange dan Shanghai Futures Exchange sebagian besar menguat pada hari Senin tanggal 25 Januari, setelah turun pada hari Jumat.  Optimisme atas rencana stimulus fiskal sebesar 1,9 triliun USD dari Presiden AS Joe Biden mampu mengatasi  berita mengkhawatirkan tentang jenis virus baru Covid-19 di China,” tulis analisis Fastmakets yang dikutip dari metalbulletin.com.

Harga logam dasar untuk kontrak tiga bulan di LME naik secara keseluruhan dengan rata-rata 0,9% yang dipimpin oleh kenaikan 2,2% dari logam timah ($ 22.455 per ton). Kenaikan harga timah ini  merupakan yang tertinggi sejak 2014.

Demikian juga kontrak logam yang diperdagangkan di SHFE  sebagian besar menguat juga dipimpin oleh timah untuk penjualan hingga bulan Maret naik sebesar 3,6. %.

“Sekali lagi kita melihat bahwa penurunan harga logam pada Jumat pekan lalu menarik para pembeli.  Pada hari Jumat logam dasar ditutup turun rata-rata 0,3% dan pagi ini menguat lagi, tetapi hanya timah dan nikel mendorong kenaikan dalam beberapa hari terakhir,” imbuh  analisis Fastmakets (*)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL