Kadinkes Bangka Selatan: Vaksin Ini Bukan Obat

Aston    •    Selasa, 26 Januari 2021 | 16:44 WIB
Lokal
Caption: Vaksin Tiba di Dinas Kesehatan Bangka Selatan, Selasa (26/1/2021). (as/wb)
Caption: Vaksin Tiba di Dinas Kesehatan Bangka Selatan, Selasa (26/1/2021). (as/wb)

TOBOALI, www.wowbabel.com -- Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan telah menerima vaksin sinovac Covid-19, Selasa (26/01/2021) siang.  Pemerintah setempat akan melaunching perdana pada Kamis 28 Januari mendatang di RSUD dan sebanyak 10 orang yang akan dilakukan penyuntikan pertama  vaksin sinovac Covid-19. 

Vaksin Covid-19 yang diterima Pemkab Basel tahap pertama sebanyak 2.240 vaksin ini akan diberikan kepada tenaga kesehatan yang ada di seluruh Kabupaten Bangka Selatan. 

"Tahap pertama ini hanya diberikan kepada seluruh tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Bangka Selatan, baik di RSUD, Puskesmas, maupun di Dinas Kesehatan," ujar Supriyadi.

Adapun total tenaga kesehatan yang akan diberikan vaksin sebanyak 1.088 tenaga medis. Para tenaga medis ini akan di vaksin sebanyak dua kali. 

" Setelah diberikan vaksin pertama akan dilakukan pemberian yang kedua  atau pengulangan," terangnya

Menurut dia vaksin sinovac bukan merupakan obat covid-19 melainkan hanya untuk kekebalan tubuh saja. 

" Vaksin ini bukanlah obat bapak ibu saudara sekalian, ini (vaksin) adalah sebagai bentuk pemberian kekebalan didalam tubuh kita dan bukan kekebalan alamiah hanya kekebalan dibuat dimasukkan dalam tubuh kita harapnnya tubuh kita memberikan respon terbentuk kekebalan didalam tubuh kita gitu," kata Supriyadi.

Lanjutnya, kendati nanti para tenaga medis sudah paksin bukan berarti tidak lagi menerapkan protokol kesehatan.

"Walaupun seluruh tenaga kesehatan nanti sudah mendapat vaksin harus tetap menerapakan protokol kesehatan  3M kecuali sudah terbentuk herd immunity silakan nanti dicek herd imunity itu apa," tukasnya. (as/wb)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL