Sandiaga Uno: Lets Go Belitung

ADVERTORIAL    •    Jumat, 05 Februari 2021 | 22:57 WIB
Lokal
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno  saat Berkunjung ke Desa Batu Itam.(ist)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno saat Berkunjung ke Desa Batu Itam.(ist)

TANJUNGPANDAN,www.wowbabel.com -- Teriakan "Lets go Belitung!" dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno terdengar lantang.

Dengan mengenakan topi khas Belitung Todapa (Topi Daun Kelapa), ia menyemangati warga Desa Batu Itam, Kecamatan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, yang antusias menyambut kehadirannya bersama Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman di desa itu, Jumat (05/02/2021). 

Desa Batu Itam diakui, Sandiaga Uno sebagai satu dari contoh Desa Ekonomi Kreatif yang sukses mengangkat kearifan lokal, bahkan produk keluarannya sudah lebih dari satu jenis. 

Dikenal sebagai desa yang memiliki galangan kapal kayu atau biasa disebut Jeramba Kubu, Desa Batu Itam juga penghasil produk ekonomi kreatif lainnya seperti Bika Keramik, Pembuatan Miniatur Perahu, Kain Batik dari Sepiak Belitong dan Sanggar Tari Pelita Budaya. 

Membuat kapal dari kayu yang biasa untuk mengangkut barang, masyarakat kubu diajak Sandi Uno untuk mengonversi produk kapal kayu tersebut menjadi lebih kreatif seperti dijadikan kapal pariwisata. 

"Produk-produk keramik bahkan sudah sampai ke Singapura, dan baju yang saya kenakan saat ini juga berasal dari Batik Sepiak," ungkapnya bangga terhadap kreativitas warga. 

"Kita ingin kita semua bangkit, buka lapangan pekerjaan seluas-luasnya beri peluang untuk pelaku ekonomi lokal, khususnya ekonomi kreatif," tutur Sandiaga di hadapan Gubernur Babel dan Bupati Belitung. 

Desa ini tidak hanya miliki berbagai ekonomi kreatif yang sudah berjalan sejak lama dan menuai berbagai macam penghargaan saja, tetapi juga mampu menciptakan objek wisata baru seperti susur Sungai Kubu dan homestay. 

"Nantinya akan terkoneksi, susur sungai dengan paket menginap di homestay, membatik hingga mencoba membuat keramik," ungkap salah seorang warga menjelaskan kepada Sandi saat berkeliling desa. 

Sementara itu Erzaldi Rosman berharap, motivasi dari Sandiaga ini dapat diimplementasikan agar ekonomi kreatif di Babel terus aktif. 

"Protokol kesehatan juga harus benar-benar diterapkan agar ekonomi Babel bangkit dan menunjang keamanan pariwisata," tukas Erzaldi.(adv/*)



BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL