Pentingnya Pers di Tengah Pandemi Covid-19

Jurnalis_Warga    •    Minggu, 07 Februari 2021 | 21:47 WIB
Opini
Vera Vlesia RS, S.Sos (Pranata Humas Diskominfo Kabupaten Beltim).(ist)
Vera Vlesia RS, S.Sos (Pranata Humas Diskominfo Kabupaten Beltim).(ist)
Penulis: Vera Vlesia RS, S.Sos (Pranata Humas Diskominfo Kabupaten Beltim)


Informasi merupakan kebutuhan manusia. Pada era teknologi saat ini berbagai kebutuhan akan informasi, pendidikan, hiburan, perekonomian dan akses pengetahuan dapat lebih mudah di akses masyarakat melalui berbagai media.  Keadaan ini dilatarbelakangi oleh gerakan perubahan dan kemajuan  yang  bergerak semakin dinamis.

Dalam situasi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) secara global, perkembangan  informasi berbasis digital semakin dibutuhkan. Masyarakat membutuhkan informasi yang kredibel dan terpercaya untuk mengetahui fenomena Covid-19 dan berbagai dampaknya. Dengan demikian, masyarakat semakin memahami cara-cara melindungi diri, keluarga, dan lingkungan sekitar secara tepat.

Terkait hal itu, siapa yang mengawali kebangkitan dan kekuatan untuk keluar dari pandemi Covid-19? Karena berbagai informasi melalui internet dan media lainnya terus dikejar oleh masyarakat.

Berdasarkan survei literasi digital Kementerian Komunikasi dan Informatika pada bulan November 2020, peringkat literasi digital Indonesia mengalami peningkatan dan mencatat bahwa media sosial menjadi sarana utama bagi masyarakat dalam mengakses berita dan informasi, disusul oleh televisi, situs berita online, situs resmi pemerintah, media cetak, dan radio. Dalam hal ini, pers sebagai salah satu sumber pembuatan dan penyebaran informasi, berperan sangat penting sebagai sumber informasi bagi masyarakat.

Pada Hari Pers Nasional 2021 yang diperingati tanggal 9 Februari mengangkat tema “Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan”. Insan pers sangat dibutuhkan dalam penanganan pandemi, khususnya dalam menciptakan pemberitaan yang menjunjung tinggi etika jurnalistik sehingga mampu membawa perubahan perilaku masyarakat ke arah positif.

Dalam sambutan Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin pada acara Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku secara virtual di kediaman resmi Wapres, Jakarta Pusat, Senin (14/12/2020), pandemi Covid-19 merupakan peristiwa yang belum pernah dilalui sebelumnya sehingga informasi yang kredibel dan terpercaya tentu semakin dibutuhkan untuk menjamin arus informasi yang bebas dari penyalahgunaan informasi seperti misinformasi, disinformasi atau malinformasi.



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE