Dinyatakan Positif Corona, 19 Orang di Bangka Barat Boleh Berkeliaran

Data Sebaran Covid-19 di Bangka Barat.(ist)
Data Sebaran Covid-19 di Bangka Barat.(ist)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bangka Barat M Putra Kusuma menyampaikan ada 19 kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bangka Barat,  Kamis, (11/02/2021), siang.

Putra menjelaskan alasan ke 19 orang yang baru dinyatakan positif tapi sudah boleh berkeliaran karena keterlambatan waktu tunggu hasil swab sehingga ke 19 orang tersebut sudah menjalani isolasi selama menunggu hasil swabnya.

"Izin menyampaikan laporan kasus terkonfirmasi Covid-19 rilis hari ini.  Terlaporkan 19 kasus terpapar Covid-19," kata Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Bangka Barat.

Adapun inisial para pasien tersebut, yakni Dr 37 tahun, Tuan Ri 40 tahun, anak perempuan Fh 6 tahun, Tuan Dp 24 tahun, Tuan Di 22 tahun, Nyonya Dj 35 tahun, Nyonya Dc 58 tahun, Nyonya Dl 32 tahun, Nyonya Wd 63 tahun, Tuan Ys 35 tahun, Tuan Hd 43 tahun, Nyonya Sv 37 tahun, Tuan Sw 54 tahun, Nyonya Sb 27 tahun, Nyonya Ej 27 tahun, Tuan Ar 17 tahun, Nyonya Yw 41 tahun, Nyonya La 45 tahun, dan Nyonya Dw 27 tahun.

"Ke 19 orang yang terpapar Covid-19 ini telah selesai masa isolasi karena waktu tunggu hasil yang sudah melewati masa karantina," jelas Putra.

"Kembali mengingatkan kita bersama bahwa isolasi mandiri setelah dilakukan pengambilan swab sampai dengan minimal 10 hari sangat penting,” imbuhnya.

Putra menerangkan 19 orang yang dinyatakan positif ini berasal dari berbagai klaster yang ada dan bukan termasuk klaster kapal yang baru-baru ini.

"Ada yang berasal dari rapid antigen positif dan kontak erat kasus," terangnya.

Putra mengatakan dikarenakan sudah selesai masa isolasi sehingga setelah baru dinyatakan positif Covid-19 sekarang tidak lagi harus dikarantina.

"Tidak perlu lagi sudah discarded atau selesai isolasi. Mereka sudah isolasi sejak diambil swab, kasus seperti ini sama dengan yang Tempilang waktu itu" ungkapnya.

Putra menyebutkan swab paling lama tanggal 12 januari 2021 dan keluar hasil tanggal 9 Februari di rilis Labkesda tanggal 10 Februari 2021.

"Sudah selesai masa isolasi 10 harinya. Ini hasil dari Labkesda, jadi memang di Labkesda terkendala dengan mesin extraksi sehingga terbatas dalam pemeriksaan," tuturnya.

Berikut sebaran dari 19 orang terkonfirmasi positif Covid-19 sesuai Kecamatan, Kecamatan Muntok sebanyak 12 kasus, Kecamatan Simpang Teritip sebanyak 3 kasus,  Kecamatan Parittiga sebanyak 1 kasus, dan Kecamatan Kelapa sebanyak 3 kasus, serta total akumulasi kasus di Bangka Barat saat ini sebanyak 272 kasus.(rul/wb)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL