Berikut Kapal Asing yang Singgah di Perairan Muntok

Chairul Aprizal    •    Minggu, 14 Februari 2021 | 19:50 WIB
Lokal
Caption: Pos TNI AL Muntok memeriksa kapal asing yang singgah di Perairan Muntok, Bangka Barat, Jumat (12/2/2021). (IST)
Caption: Pos TNI AL Muntok memeriksa kapal asing yang singgah di Perairan Muntok, Bangka Barat, Jumat (12/2/2021). (IST)

MUNTOK, www.wowbabel.com -- Perairan Muntok seringkali disinggahi dan dilintasi kapal asing berbendera luar, TNI AL pastikan tidak ada sesuatu yang mencurigakan yang dapat mengancam wilayah.

Setidaknya sudah beberapa kali Pos TNI AL Muntok Kabupaten Bangka Barat, Lanal Bangka Belitung mendeteksi kapal asing berhenti di Perairan Muntok.

Pos TNI AL Muntok kembali mendeteksi adanya satu Kapal Yacht berbendera Jerman juga berhenti di perairan Muntok dengan alasan yang sederhana seperti kehabisan bahan makanan, memperpanjang visa, dan cuaca buruk, Jumat (12/2/2021).

Kapal Yacht tersebut yang dinakhodai oleh Mr. Ralf Erbse berusia 53 tahun dengan istrinya Mrs. Hoffmann Geb. Moller (57 tahun) yang bertolak dari Banda Naira (Saumlaki) tujuan Pulau Sabang lanjut ke Srilangka.

Diberitakan  sebelumnya setidaknya ada beberapa kali juga kapal asing masuk ke wilayah perairan Muntok seperti Kapal Yacht berbendera Malaysia KM Sy Cosmolido yang masuk di Perairan Muntok tanggal 26 Desember 2020.

Kapal Yact KM Sy Cosmolido yang dinahkodai Robert Palmer sedang melakukan lego jangkar karena kehabisan sembako, berangkat dari Pulau Seribu tujuan Batam yang sandar di perairan Batu Rakit Muntok.

Pos TNI AL Muntok juga pernah mendeteksi Kapal Yacht berbendera Australia berlabuh di Perairan Muntok tanggal 10 Mei 2020 karena kerusakan mesin.

Kapal Yarch dengan nama Hoopla, berbendera Australia dinakodai warga Polandia Nowicki Tadeusz (70) dengan tujuan Kupang, NTT setelah cek point dari Batam Marina mengalami kerusakan mesin penggerak jenis dompeng dua unit.

Komandan Pos TNI AL Muntok, Kapten (Laut) Yuli Prabowo memastikan semua kapal asing yang berhenti di Perairan Muntok tidak ditemukan yang mencurigakan, apalagi berniat mengukur batas wilayah laut atau menyusup.

"Tidak ada kita temukan" tutup Danpos TNI AL Muntok, Minggu (14/2/2021). (rul/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE