Permintaan Naik, Pasokan Tersendat Harga Timah Melejit

Tim_Wow    •    Rabu, 17 Februari 2021 | 15:02 WIB
Ekonomi
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Harga timah hingga memasuki pekan ke tiga Februari 2021 terus naik. Pada penutupan pasar logam di London Metal Exchange (LME), Rabu (17/2/2021), timah untuk kontrak tiga bulan menembus US$24.237 per metrik ton. Kenaikan harga timah pun terjadi di pasar Kualalumpur Tin Market (KLTM).

Pasokan timah yang terbatas tak mampu mengimbangi permintaan pasar akibat produsen timah terbesar seperti China dan Indonesia terhambat memasok timah ke pasar.

Para pemain timah di pasar logam seperti LME dan KLTM mengatakan pasokan timah saat ini tidak mampu mengimbangi permintaan yang kuat.

“Ekspektasi terhadap pemulihan ekonomi  beberapa negara lebih kuat akibatnya permintaan logam timah  semikonduktor mengangkat harga di KLTM dan London Metal Exchange,” tulis harian thestar.com pada Rabu (17/2)

Tim Treadgold Kontributor Forbes untuk Asia, menulis jika timah sedang bagus-bagusnya di pasar logam dunia karena permintaan logam timah lebih besar dibandingkan dengan pasokan.

Akibat kenaikan harga timah ini, pengamat pasar timah  merevisi perkiraan mereka terhadap produksi tambang timah Indonesia tahun 2021 dari pertumbuhan 9,8 persen menjadi 25 persen. 

“Harga timah yang terus naik mendorong PT Timah Tbk sebagai produsen timah terbesar kedua dunia untuk mengejar produksi,” tulis Fitch Solutions,

Lembaga ini memperkirakan produksi timah dari Indonesia akan turun rata-rata 0,4 per tahun selama 2021 hingga 2029 karena adanya perubahan regulasi untuk mengurangi ekspor timah dalam jangka panjang.(*)




MEDSOS WOWBABEL