Dana Transfer Pemkab Basel Dipangkas Rp 13,4 M, Postur APBD Akan Direvisi

Aston    •    Sabtu, 20 Februari 2021 | 22:01 WIB
Lokal
Caption: Ilustrasi. net
Caption: Ilustrasi. net

TOBOALI,www.wowbabel.com -- Pemerintah pusat melakukan pemangkasan dana transfer umum ke Daerah Tahun Anggaran 2021. Di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel),  transfer Dana Alokasi Umum (DAU) dipangkas sebesar Rp13,4 Miliar. Pemangkasan  akibat  Pandemi Covid-19. 

Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Pemkab Basel, Riswady mengatakan, selain terjadi pemangkasan belasan miliar dana DAU , pemerintah pusat juga mewajibkan daerah melakukan refokusing anggaran DAU sebesar 8 persen untuk penanganan Covid-19.

"Ya ada revisi dana transfer DAU dari sebelum Rp 448 miliar menjadi Rp 434 miliar sehingga ada pengurangan sebesar Rp 13,4 miliar,  hal yang sama (pengurangan--red) di seluruh daerah di Babel. Disamping itu, pemerintah pusat melalui PMK Nomor 17/PMK.07/2021 mewajibkan daerah melakukan refocusing dana DAU sebesar 8 persen untuk dana penanganan covid-19," ungkap Riswady, Sabtu (20/2/2021). 

Pemerintah wajib merealokasi anggaran DAU sebesar 8 persen untuk program penanganan Covid-19, seperti  untuk vaksin, insentif tenaga kesehatan, penanganan Covid-19 tingkat kelurahan, serta belanja kesehatan lainnya.

" Kalau daerah tidak melaksanakan refocusing, maka ada sanksi berupa penundaan penyaluran DAU," ungkapnya

Disamping itu, dijelaskan Riswady bahwa, pemerintah daerah kembali diwajibkan merealokasi anggara DAU sebesar 25 untuk program pemulihan ekonomi.

"Tadinya 25 persen untuk insfrastruktur digeser ke program pemulihan ekonomi. Rincian alokasi dana DAU 2021 paling sedikit 20 persen untuk perlindungan sosial, paling sedikit 15 persen untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat dan paling banyak 65 persen untuk sapras publik, SDM, layanan publik dan padat karya," tutur Riswady.

Lanjutnya, saat ini Pemkab Basel tengah mempersiapkan refokusing anggaran dengan cara merevisi anggaran APBD Tahun Anggaran 2021. 

" Dengan demikian anggaran setiap OPD (organisasi perangkat daerah) otomatis akan dirasionalkan menyesuaikan dengan besaran dana transfer yang baru ditetapkan melalui terbitnya PMK," tukasnya.(as/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL