Belajar Daring Guru Kesulitan Mengontrol Siswa

Ilustrasi. (net)
Ilustrasi. (net)

MUNTOK, www.wowbabel.com -- Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Bangka Belitung wilayah Bangka Barat Sudarni mengakui kendala murid selama wabah Pandemi dengan sistem pembelajaran jarak jauh atau daring membuat siswa tidak bisa mengembangkan lebih luas ilmu yang diberikan oleh guru.

Selain itu, disisi lain guru juga agak kesulitan memantau  siswa betul-betul belajar atau tidak selama pembelajaran secara daring. 

"Kalau yang tersampaikan ketika di Rakor itu gini sulitnya sekolah mengontrol apakah aktivitas anak itu beneran atau tidak", Kata Sudarni kepada wowbabel.

Sudarni mencontohkan, tugas yang diberikan oleh guru kepada siswa yang sulit untuk dipastikan apakah dikerjakan oleh siswa itu sendiri atau orang lain.

"Artinya ada kesempatan yang diberikan sesuai dengan penjadwalan sekolah endingnya kirim tugas, kirim tugas kayak gitu jadi yang paling muncul banyaknya adalah kesulitan mengontrol aktivitas itu," tuturnya.

Sudarni menerangkan sebaliknya kepada siswa ketika mengalami kesulitan saat guru memberikan penjelasan via daring tidak mendapatkan kesempatan untuk mengulangi/mengembangkan saat tidak paham.

"Jawabannya langsung ngeh dan tidak ngeh nah kalau itu diberikan jawaban apapun tinggal terima, tidak ada mengejar pemahamannya itu secara lebih lengkap kurang bisa dikembangkan pemahamannya oleh siswa," tukasnya.

Diakuinya, selama daring ini memang membuat nilai siswa menurun tapi sekarang memang sekolah tidak lagi meletakkan target tinggi pada mata pelajaran.

"Yang pentingnya maksudnya itu adalah materinya itu bermakna soal anak itu nantinya mencapai nilai berapa itu di ujian semesternya, tidak perlu mengukur ketuntasan kurikulum secara menyeluruh yang penting bisa dan sudah melaksanakan sudah," sebutnya.

Untuk sarana dan prasarana selama pandemi seperti kuota internet dan handphone, Sudarni ungkapkan Pemerintah Provinsi sudah semaksimal dan konsen memberikan bantuan. (rul/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL