Hakikat Seorang Guru

Jurnalis_Warga    •    Senin, 22 Februari 2021 | 19:14 WIB
Opini
Lisa Dona SSi, Guru SMKN 1 Parittiga.(ist)
Lisa Dona SSi, Guru SMKN 1 Parittiga.(ist)

Oleh: Lisa Dona SSi, Guru SMKN 1 Parittiga


Dalam dunia pendidikan guru merupakan faktor penting dan utama karena guru adalah orang yang bertanggung jawab terhadap perkembangan jasmani dan rohani peserta didik terutama di sekolah untuk mencapai kedewasaan peserta didik, sehingga ia menjadi manusia yang paripurna dan mengetahui tugas-tugasnya sebagai manusia. Dalam arti khusus dapat dikatakan bahwa pada setiap diri guru terletak tanggung jawab untuk membawa siswanya kearah kedewasaan atau taraf kematangan tertentu.

Dalam rangka itu guru tidak semata-mata sebagai “pendidik” yang transfer of knowledge, tapi juga seorang pendidik yang transfer of values dan sekaligus sebagai pembimbing yang memberikan pengarahan dan menuntun siswa dalam belajar. Berkaitan dengan ini maka sebenarnya guru memiliki peranan yang unik dan sangat kompleks di dalam proses belajar mengajar, dalam usahanya mengantarkan siswanya ke taraf yang dicita-citakan. Oleh karena itu setiap rencana kegiatan guru harus dapat didudukan dan dibenarkan semata-mata demi kepentingan anak didik sesuai dengan profesi dan tanggung jawabnya.

Dalam dunia pendidikan guru merupakan faktor penting dan utama karena guru adalah orang yang bertanggung jawab terhadap perkembangan jasmani dan rohani peserta didik terutama di sekolah untuk mencapai kedewasaan peserta didik sehingga ia menjadi manusia yang paripurna dan mengetahui tugas-tugasnya sebagai manusia.

1. Pendidikan dalam perspektif pendidikan adalah orang-orang bertanggung jawab terhadap perkembangan  seluruh potensi peserta pendidik baik potensi afektif, kognitif, maupun psikomotorik sesuai dengan nilai-nilai ajaran islam

2. Guru adalah kunci pendidikan, artinya jika guru sukses maka kemungkinan besar siswa-siswanya akan sukses

Guru adalah figur inspirator dan motivator murid dalam mengukir masa depannya. Jika guru mampu menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi anak didiknya, maka hal itu akan menjadi kekuatan anak didik dalam dalam mengejar cita-cita besarnya dimasa depan. Guru dalam pengertian sederhana adalah orang yang memfasilitasi alih ilmu pengetahuan dari sumber belajar kepada peserta didik. 

Sementara masyarakat memandang guru sebagai orang yang melaksanakan pendidikan di sekolah, masjid, mushola atau tempat-tempat lain. Perkembangan pesat teknologi informasi saat ini, kiranya menumbuhkan tantangan tersendiri bagi guru. Mengingat guru sudah bukan lagi satu-satunya sumber informasi hingga muncul pendapat bahwa pendidikan bias berlangsung tanpa guru.



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL