Pembangunan Landscape Wisata Pantai Nek Aji Toboali Berada di Lahan Milik Polri

Aston    •    Selasa, 23 Februari 2021 | 15:59 WIB
Lokal
Pembangunan landscape taman wisata di Pantai Nek Aji Toboali oleh Pemkab Bangka Selatan melalui Dinas Pariwisata ternyata berada diatas lahan milik Polri.(as/wb)
Pembangunan landscape taman wisata di Pantai Nek Aji Toboali oleh Pemkab Bangka Selatan melalui Dinas Pariwisata ternyata berada diatas lahan milik Polri.(as/wb)

TOBOALI,www.wowbabel.com -- Pembangunan landscape taman wisata di Pantai Nek Aji Toboali oleh Pemkab Bangka Selatan melalui Dinas Pariwisata ternyata berada diatas lahan milik Polri.

Bahkan, sejak pembangunan dimulai Tahun 2019 dan 2020 yang lalu, status lahan belum diserah terimakan kepada pemerintah setempat. Kini, pembangunan landscape yang menghabiskan anggaran miliaran rupiah tersebut telah difungsikan. 

Diketahui bahwa, lahan pembangunan landscape Pantai Nek Aji dahulunya adalah lapangan bola Bhayangkara milik Polsek Toboali dan terdapat surat pengakuan hak atas tanah pada tahun 90-an. 

Hanya saja, pemerintah mengklaim bahwa lahan tersebut merupakan aset milik pemerintah daerah  dengan mengacu  Perda Tahun 2007 tentang Kawasan Tapak Wisata 

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Basel, Jusvinar.

"Status masalah lahan ini kalau kita merunut dari yang sudah sudah (terdahulu--red) bahwa lahan tangsi itu ada yang menyebutkan lapangan bola Bhayangkara,  cuman kita mengacu pada Perda 2007 tentang tapak kawasan wisata," ungkap Jusvinar, Senin (22/2/2021).

Namun,  Jusvinar tak menampik jika pihak kepolisian memiliki surat pengakuan hak atas tanah yang keluar sekitar tahun 1990 lengkap berikut tanda tangan oleh pejabat setempat. 

"Ini akan saya laporkan kepada pimpinan untuk segera berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Nanti kedepannya saya yakin itu akan ada solusi untuk kemajuan bersama baik itu legalitas pihak kepolisian dan juga untuk kemajuan pariwisata di Basel," ujarnya.

Lebih lanjut dikatan Jusvinar,  pihaknya juga telah menjalin komunikasi dengan Polri terkait persoalan status lahan pembangunan landscape wisata Pantai Nek Aji tersebut.

"Masih dikomunikasikan dengan pihak kepolisian karena jangan sampai ada miskomunikasi antara pihak kepolisian dengan pihak pemda memperuncing ataupun menambah masalah baru," tutur Jusvinar

"Kita juga sempat komunikasi dengan Pak Kasat Reskrim Polres Basel yang lama kemarin, bahwa tempat wisata akan tetap berjalan, akan tetapi nanti sembari kita mengurus hal ini, jangan sampai nanti ada legalitas lahan tangsi tersebut," sambungnya.

Sementara Kapolres Bangka Selatan, AKBP Agus Siswanto membenarkan telah ada komunikasi antara Pemkab Bangka Selatan dengan pihaknya terkait persoalan tersebut. Pemerintah telah menjalin komunikasi termasuk rencana merelokasi Mapolsek Toboali.

" Iya sudah ada komunikasi untuk rencana relokasi menyiapkam lokasi baru,  gak ada masalah cuman butuh waktu dan Polri mendukung pemerintah," tukas AKBP Agus Siswanto.(as/wb)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL