Kasi Intel : Hati-hati Menggunakan APBDes Jangan Sampai Ada Temuan

Caption: Kasi Intel Kejari Bangka Tengah Fauzan.(hdd/wb)
Caption: Kasi Intel Kejari Bangka Tengah Fauzan.(hdd/wb)

KOBA, www.wowbabel.com -- Saat ini Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka Tengah (Bateng) tengah membidik para Kades dalam penggunaan APBDes tahun 2021.

Kasi Intel Kejari Bangka Tengah Fauzan mengatakan, para Kades jangan sampai salah dalam menggunakan anggaran apalagi sampai melabrak aturan yang berlaku

"APBDes itu bersumber dari uang rakyat, maka harus digunakan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan rakyat dan tetap melalui aturan dan mekanisme yang berlaku," ujar Kasi Intel Kejari Bateng, Fauzan, Selasa (23/2/2021).

Menurutnya, di desa saat ini ada pendamping desa, sebaiknya setiap menggunakan APBDes selalu berkomunikasi dengan pendamping desa dan dimusyawarahkan dan melibatkan masyarakat desa.

"Perlu dipahami, satu rupiah uang APBDes harus ada pertanggungjawabannya dimata hukum," tukasnya

Menurut Fauzan, pihaknya tetap memantau setiap penggunaan APBDes oleh Perangkat Desa se Bateng. Penekanannya di Kades, karena Kades merupakan penanggung jawab pengguna APBDes.

"Yang nama uang rakyat yang dikelola oleh Pemerintah tetap kami awasi. Lalu kami tindaklanjuti sesuai ketentuan hukum yang berlaku, dan masyarakat pun berhak melaporkan jika ada penyelewengan," tegasnya.

Hindari pelanggaran hukum dalam penggunaan APBDes. Fauzan juga membuka lebar bagi Desa yang ingin berkonsultasi terkait payung hukum.

"Di kantor kita juga ada ruang khusus berkonsultasi masalah hukum, kami layani siapapun yang datang. Selain penindakan, kami juga mengedepankan pencegahan terjadinya penyalahgunaan APBDes," tandasnya. (her/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL