Erzaldi Ajukan Proyek Strategis ke Bappenas

krisya    •    Kamis, 25 Februari 2021 | 07:10 WIB
Lokal
Caption: Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman. (IST)
Caption: Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman. (IST)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengusulkan enam proyek strategis kepada Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas. Proyek strategis ini diantaranya sektor pariwisata, pertanian, transportasi, dan sumber daya air. 

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengusulkan penyediaan air baku di kawasan strategis Desa Batu Mentas Kabupaten Belitung. Hal ini guna mendukung Kawasan Stategis Pariwisata Nasional (KSPN) Tanjung Kelayang Belitung dalam jangka menengah, dengan harapan terpenuhinya fasilitas publik dan penyediaan air bersih layak minum pada kawasan pariwisata. 

"Tujuannya tidak lain untuk menarik wisatawan sehingga dapat meningkatkan perekonomian daerah," kata Erzaldi dalam rapat Koordinasi Menteri Kepala Bappenas dengan Gubernur se-Indonesia melalui aplikasi zoom di ruang vicon Gubernur Babel, Selasa (23/2/2021). 

Selain itu, proyek usulan lainnya ialah Jembatan Pilang di Kabupaten Belitung yang akan difungsikan untuk meningkatkan konektivitas daerah dan memperlancar arus mobilisasi serta keamanan transportasi guna mendukung perekonomian daerah. Selain itu, akses jalan Kawasan Irigasi (KI) Sadai yang terintegrasi dari Trans Bangka yang segera dimulai pada tahun 2021.

"Kita akan mengintegrasikan jembatan Sadai dengan jembatan Sumatera seperti yang sudah kita sepakati dengan Gubernur Sumsel. Nantinya akan tercipta aksesibilitas KI Sadai dengan kawasan Food Estate Batu Betumpang," jelas Erzaldi. 

Lebih lanjut, Erzaldi menjelaskan proyek prioritas juga harus mendukung pola sebaran perkebunan lokal untuk kawasan lada, pala dan cengkeh yang merupakan komoditas lokal dan sudah menjadi budaya bagi masyarakat Babel.

Disamping itu, penyediaan air baku di Kota Pangkalpinang, penyediaan Daerah Irigasi (DI) di Desa Rias, dan pembangunan pelabuhan penyeberangan Pulau Pongok juga merupakan proyek prioritas Pemprov. Babel sebagai destinasi pariwisata prioritas.

Terkait sistem peringatan dini bencana, yang menjadi usulan baru di proyek prioritas adalah pengerukan dan penataan Sungai Rangkui-Teluk Bayur di Pangkalpinang dan Sungai Lenggang di Kabupaten Belitung. Serta pengerukan dan penataan Kolong Retensi Gudang Padi di Kota Pangkalpinang.

Menanggapi program-program yang dipaparkan Gubernur Erzaldi, Menteri PPN/Kepala Bappenas RI, Suharso Monoarfa mengatakan, jika kebutuhan terukur, berbagai program proyek prioritas Pemprov Babel dan prioritas nasional akan dievaluasi lebih lanjut karena pihaknya sangat terbuka untuk membahas bersama secara teknis. (tk/wb)



MEDSOS WOWBABEL