Harga Timah Sudah Tembus 27.310 Dolar AS Per Ton

Tim_Wow    •    Jumat, 26 Februari 2021 | 11:34 WIB
Ekonomi
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Harga timah dunia makin naik menjelang penutupan pasar pekan ini. Saat pembukaan pasar, Jumat (26/2/2019) pagi harga timah kontrak tiga bulan di London Metal Exchange (LME) menembus US$ 27.30 per ton setelah sepekan bertahan di US$ 26.000 lebih per ton. Sedangkan harga jenis logam dasar lainnya malah turun.

“Di LME, kecuali aluminium dan timbal, melemah pada hari Kamis. Tembaga turun 1,5 persen, seng turun 0,16 persen, nikel turun 4,88 persen, sedangkan aluminium naik 0,7 persen dan timah naik 0,28 persen,” demikian laporan dari Shanghai Metal Market di dikutip dari news.metal.com.

Harga logam baik di LME maupun di Shanghai Futures Exchange (SHFE) turun sebagian besar menyusul penurunan sehari sebelumnya akibat imbal hasil obligasi mengguncang sentimen investor di Wall Street.

Kontrak timah untuk tiga bulan di SHFE 190.020 yuan  per ton. Pasokan  timah dalam negeri China masih terbatas meskipun biaya perawatan meningkat sehingga menopang harga timah . 

SHMM memperkirakan kontrak timah kemungkinan diperdagangkan antara 180.000-200.000 yuan  metrik ton  untuk hari Jumat.  

Asosiasi Timah Internasional yang berbasis di Inggris terus mencermati kondisi pasar fundamental timah bagi anggotanya yang merupakan produsen logam.

“Kombinasi faktor permintaan dan penawaran mengakibatkan  tingginya harga timah saat ini, kata James Willoughby, analis pasar International Tin Association.

"Permintaan timah meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Ini sejalan dengan laporan kekurangan  bahan untuk semikonduktor, komponen lain dalam industri elektronik,” ujarnya. (*)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL