Permintaan Meningkat Harga Timah Melesat

Tim_Wow    •    Jumat, 26 Februari 2021 | 14:46 WIB
Ekonomi
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

LONDON,www.wowbabel.com -- Kenaikan harga timah berdampak terhadap perusahaan elektronik, barang konsumsi dan konstruksi. Perusahaan ini merasakan kenaikan tajam harga  logam timah yang sudah menyentuh US$ 27.000 permetrik ton.

Asosiasi Timah Internasional yang berbasis di Inggris terus mencermati kondisi pasar timah bagi anggotanya yang merupakan produsen logam.

 “Faktor permintaan dan penawaran mengakibatkan  tingginya harga timah saat ini. Permintaan timah meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Permintaan yang meningkat ini, ditambah dengan penundaan pengiriman memperketat pasar secara signifikan, menyebabkan harga-harga meningkat pesat sejak awal tahun,” kata James Willoughby, analis pasar International Tin Association dikutip dari stockhead.com.

Timah digunakan sebagai solder bebas timbal untuk menghubungkan komponen elektronik dalam produk seperti komputer, ponsel, dan kendaraan bermotor, permintaan timah untuk semua produk ini semakin meningkat.

“Permintaan yang lebih tinggi untuk elektronik -sebagai akibat dari pekerjaan rumahan dan sekolah, jelas menjadi faktor kuatnya pasar timah,” kata Willoughby.

Penggunaan timah di sektor tertentu seperti di industri kimia dan plastik juga mendorong permintaan timah yang lebih tinggi.

“Kami juga melihat peningkatan permintaan bahan kimia timah, khususnya di AS. Rumah di pedesaan biasanya dilapisi dengan plastik PVC cladding, yang menggunakan stabilizer berbahan timah untuk mencegah degradasi dari sinar matahari, ”katanya.

Cina telah menjadi konsumen timah terbesar di pasar internasional. Impor timah China 170.700 ton pada tahun 2020. Beberapa negara di Asia juga meningkatkan impornya dari berbagai negara produsen termasuk Rusia, Laos, Vietnam dan Republik Demokratik Kongo, serta Australia. (*)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL