Pemkab Bangka Barat Siapkan Rp 5 Miliar untuk Ganti Rugi Tanah APL TMMD

Caption: Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bangka Barat Suharli. (rul/wb)
Caption: Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bangka Barat Suharli. (rul/wb)

MUNTOK, www.wowbabel.com -- Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bangka Barat Suharli menungkapkan, Pemerintah sudah menyiapkan anggaran untuk ganti rugi Rp 5 miliar untuk penggantian lahan pembukaan jalan oleh TMMD yang masuk kawasan APL sepanjang Desa Air Limau sampai Pelabuhan Tanjung Ular.

"Tinggal antara kami dengan BPN ini, BPN  pendataan data nominatif dengan peta nominatif itu kami melakukan penggantian tanah, anggaran sudah kita siapkan," ucap Suharli, Jumat (26/02/2021).

Suharli menyebutkan, ganti rugi tanah ditujukan kepada masyarakat yang terdampak pada pembukaan jalan oleh TMMD Bangka Barat.

"Kita hitung semua nanti ganti rugi itu semuanya sekecil apapun jadi milik mereka itu kita ganti kalau di APL kalau di HP tidak, yang di APL itu memang ada kewajiban kita," jelasnya.

Suharli menerangkan setiap warga yang punya tanah,  bangunan, maupun tumbuhan yang berada di kawasan APL terkena pembukaan jalan TMMD Bangka Barat akan diganti rugi.

"Ganti rugi kalau total seluruh ya, total seluruh termasuk apraisal termasuk itu Rp 5 miliar," tutur Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bangka Barat.

Suharli mengungkapkan ada sekitar 84 persil APL yang terkena pembukaan jalan TMMD dengan luas APL yang terkena pembukaan jalan sekitar 6,3 kilometer.

"APL ini adalah satu di Air Limau, satu di Air Putih, yang Air Belo rata-rata Hutan Produksi (HP-red) kalau di Air Limau ada sedikit masuk HP, di Air Putih Full tapi HP juga ada tapi yang Air Belo itu tidak ada ganti rugi full semuanya HP," ucap Suharli.

Suharli mengungkapkan untuk kawasan APL yang terkena dampak TMMD merupakan kawasan APL yang dikelola oleh masyarakat untuk berkebun, tanah kas Desa, dan ada juga bangunan (gudang pupuk). (rul/wb)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL