Bupati Basel Rela Disebut Pengemis Demi Jadi Pelayan Masyarakat

Aston    •    Selasa, 02 Maret 2021 | 11:06 WIB
Lokal
Caption: Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid saat serah terima jabatan dari Plh Bupati Bangka Selatan, Senin (1/3/2021). (as/wb)
Caption: Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid saat serah terima jabatan dari Plh Bupati Bangka Selatan, Senin (1/3/2021). (as/wb)

TOBOALI, www.wowbabel.com -- Bupati terpilih Kabupaten Bangka Selatan, Riza Herdavid tampak sangat emosional saat berpidato kali pertama sebagai Bupati Bangka Selatan usai serah terima jabatan dari Plh Bupati ke Bupati dan Wakil Bupati Basel terpilih, Senin (1/3/2021) di Gedung Serba Guna Pemkab Basel. 

Mengawali sambutannya, Riza pertama-tama mengucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bangka Selatan yang telah memberikan kesempatan dan kepecayaan untuk memimpin Kabupaten Bangka Selatan  kedepan. 

"Dengan segala keterbukaan, kami mohon bimbingan, masukan dan doa restunya agar kita bisa secara bersama-sama menjadikan Kabupaten Bangka Selatan kearah yang lebih baik. Pada kesempatan ini juga, kami memberikan apresiasi kepada Bapak Bupati sebelumnya yang telah berbuat dan tentunya memberikan segala kemampuan terbaik untuk kabupaten yang kita cintai ini. Kami siap untuk melanjutkan perjuangan mewujudkan Kabupaten Bangka Selatan yang unggul, maju dan berdaya saing di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," ujar Riza.

Pada kesempatan itu yang dihadiri langsung Gubernur Babel, Ketua DPRD Babel, Wali Kota Pangkalpinang, dan Bupati Bangka, Riza menyampaikan bahwa Bangka Selatan  merupakan salah satu daerah otonomi pemekaran dalam Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan berbagai potensi yang dimilikinya, baik secara sumber daya alam maupun buatan dengan didukung kearifan lokal yang berbasis kawasan, memiliki daya saing ekonomi yang cukup kompetitif di Provinsi Bangka Belitung. 

"Sebagai kabupaten penghasil produksi sektor pertanian, perkebunan dan perikanan yang unggul di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, kami sangat menyadari bahwa sektor-sektor tersebut merupakan sektor yang menjadi perhatian utama dalam kepemimpinan kami kedepan yang akan menjadikan Kabupaten Bangka Selatan menjadi kabupaten yang diperhitungkan, unggul, maju dan terdepan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Disamping itu, sektor pariwisata juga akan menjadi perhatian serius mengingat potensi sumberdaya wisata alam yang berbasis keunikan hayati, wisata bahari dan keunikan budaya yang eksotis," kata Riza

Ia mengatakan, Kesejahteraan menjadi salah satu indikator penting dalam ketercapaian pembangunan kedepan sehingga diharapkan kebijakan-kebijakan kedepannya selain mampu mengatasi permasalahan dan isu strategis diharapkan juga dapat produktif dalam pengelolaan potensi primer, inovatif dalam pelaksanaan tata kelola pemerintahan dan penerapan teknologi di semua sektor guna  mendukung nilai tambah masyarakat petani dan nelayan serta kompetitif dalam penyediaan infrastruktur dan sarana prasarana pengembangan kawasan-kawasan strategis di Kabupaten Bangka Selatan.

Namun, menurut Riza bahwa tantangan utama dalam pembangunan daerah yang akan dihadapi Kabupaten Bangka Selatan Selama lima Tahun ke depan adalah terdapat perubahan asumsi kondisi makro ekonomi dan sosial dampak dari krisis ekonomi global akibat  pandemi Covid-19. 

"Untuk itu perlu diambil langkah-langkah strategi yang selanjutnya harus dituangkan dalam uraian perumusan program kegiatan yang strategis, taktis dan tentunya humanis dengan memperhatikan potensi eksisting yang ada guna mempercepat pemulihan ekonomi serta pengendalian dampak sosial guna menjamin penguatan ekonomi regional Kepulauan Bangka Belitung maupun Kabupaten Bangka selatan," tuturnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Keberhasilan-keberhasilan yang telah dicapai perlu diberikan apresiasi dan tentunya kedepan perlu ditingkatkan lagi dengan melakukan evaluasi-evaluasi dan merumuskan langkah-langkah nyata upaya peningkatan untuk menghasilkan capaian-capaian target sasaran pembangunan yang lebih baik melalui perumusan perencanaan yang berkualitas. 

"Dalam konsensus muatan visi misi yang kami sampaikan, dapat ditarik suatu rangkaian narasi kunci yang tegas, yaitu berkomitmen untuk mewujudkan Bangka Selatan yang maju melalui optimalisasi pembangunan sektor pertanian, perikanan dan pariwisata dengan inovatif dan kreatif melalui penyediaan insfrastruktur yang handal dan berkelanjutan berbasis pemberdayaan masyarakat yang tentunya hanya dapat dicapai dengan tata kelola kepemerintahan yang baik dan bersih (Good and Clean Governance).  Muatan visi misi tersebut menunjukkan komitmen kami bahwa keberpihakan terhadap masyarakat petani, nelayan, usaha kecil menengah, peran BUMDes, dan kelompok ekonomi kreatif benar-benar menjadi komitmen kami yang utama," ungkapnya. 

Sebelum mengakhiri sambutannya, Riza terlihat cukup emosional sampai terdengar menangis. Hal itu ketika ia memohon arahan serta dukungan Gubernur Babel serta kepala daerah lainnya untuk sama-sama bersinergi dalam membangun daerah. 

"Pak Gubernur mohon arahan dan bimbingannya kepada kami, terutama juga kepada Pak Rudianto Tjen mohon kami dibimbing untuk membangun daerah ini demi kemajuan dan kesejahteraan masyrakat kami. Dan sebelumnya  saya juga sudah menemui Pak Wali Kota, Pak Bupati Bangka juga apa yang bisa kami bawa ke Bangka Selatan ini. Bapak bapak saya sangat mohon sekali, gak apa apa saya mau disebut cengeng disebut pengemis saya enggak perduli karena saya siap jadi pelayan masyarakat," tutup Riza. (as/wb)



MEDSOS WOWBABEL
OPINI KITE