Vaksinasi Tahap Dua di Kabupaten Bangka Sasar 1.260 Orang

Dwi H Putra    •    Selasa, 02 Maret 2021 | 12:45 WIB
Lokal
Caption: Proses Vaksinasi Tahap II di Kabupaten Bangka. (dwi/wb)
Caption: Proses Vaksinasi Tahap II di Kabupaten Bangka. (dwi/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap kedua, Senin (1/3/2021) kemarin hingga lima hari kedepan dengan sasaran para pelayan publik.

Kepala Dinkes Kabupaten Bangka, dr Then Suyanti, mengatakan kelompok prioritas yang masuk dalam vaksinasi tahap kedua merupakan kelompok masyarakat yang memiliki interaksi dan mobilitas tinggi, sehingga rentan terpapar virus Covid -19.

"Sebanyak 1.260 orang telah terdata yang terdiri dari pejabat pemerintah esselon tiga, lurah, anggota Polri dan TNI, Satpol PP, petugas lapas, kemenag, kejaksaan, relawan BPBD, tokoh agama, guru, wartawan dan petugas BPS. Vaksinasi ini akan dilakukan dua kali penyuntikan dengan alokasi vaksin untuk tahap ini sebanyak 280 vial," kata dr Then Suyanti di Sungailiat, Selasa (2/3/2021). 

"Melalui vaksinasi tahap kedua ini diharap mampu mempercepat dan memperluas cakupan vaksinasi, sehingga laju penularan Covid-19 bisa segera ditekan, agar beban rumah sakit akan semakin berkurang dan meringankan tugas tenaga kesehatan," ujarnya. 

Dijelaskan dr Then, terkait pelaksanaan pelayanan vaksinasi tahap kedua ini dilaksanakan di sejumlah tempat diantaranya di Kantor Dinkes Kabupaten Bangka serta setiap puskesmas yang ada di delapan kecamatan.

"Setiap peserta vaksinasi juga telah ditentukan tempat untuk menerima vaksinasi," jelas dr Then. 

"Kami memastikan semua vaksinasi dilakukan oleh vaksinator dan nakes yang terlatih, sedangkan untuk mengantisipasi terjadinya KIPI atau efek samping yang ditimbulkan pasca imunisasi, maka pasien akan menerima perawatan medis dan seluruh biaya akan ditanggung pemerintah," paparnya. 

Sementara itu, Kepala Seksi Promotor Kesehatan, Arlis Danita, mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung vaskinasi Covid-19. 

"Vaksin Covid-19 yang digunakan telah teruji aman, halal dan berkualitas," jelas Arlis. 

"Jangan lupa terapkan selalu disiplin mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak, meskipun sudah paksinasi agar Indonesia segera keluar dari masa pandemi covid-19," harapnya. 

Tambahnya melalui kegiatan ini diharapakan masyarakat dapat berperan serta sebagai upaya membantu pemerintah dalam mengendalikan wabah Covid-19, mencegah dengan memutuskan rantai penularan dengan mau paksinasi dan selalu berperilaku hidup bersih dan sehat bagi diri sendiri dan keluarga. (dwi/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL