Warga Kabupaten Bangka Konsumsi 942 Ton Bawang Merah Pertahun

Dwi H Putra    •    Selasa, 02 Maret 2021 | 14:32 WIB
Lokal
Caption: Pedagang cabai dan bawang. (dok/wb)
Caption: Pedagang cabai dan bawang. (dok/wb)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mencatat kebutuhan komoditi bawang merah di daerah itu mencapai 942 ton lebih per tahun.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka, Elius Gani, mengatakan angka kebutuhan komoditi jenis itu dihitung dari jumlah kebutuhan perkapita masyarakat sebanyak 2,9 kilogram per tahun dari jumlah penduduk mencapai 318 ribu lebih jiwa.

"Bahan baku hingga saat ini dipasok dari daerah penghasil bawang merah seperti dari Pulau Jawa, mengingat kemampuan produksi hasil panen petani setempat tercatat hanya 8,9 ton per tahun," kata Elius Gani di Sungailiat, Selasa (2/3/2021). 

"Kondisi ini menjadi peluang petani di Kabupaten Bangka, untuk mengembangkan budi daya hortikultura bawang merah, mengingat panen petani hasil uji cobanya cukup memuaskan," paparnya. 

Lanjutnya, masa tanam hingga panen bawang merah relatif singkat membutuhkan waktu 60 hari, hanya saja untuk mendapatkan hasil panen maksimal memerlukan perlakukan perawatan yang intensif seperti halnya tanaman lain.

"Kami mendorong petani mulai mengembangkan budi daya bawang merah dengan memanfaatkan area yang tersedia, mengingat lahan pertanian masih cukup luas," jelasnya. 

Ditambahkannya, petani di Kabupaten Bangka baru sebagian atau sekitar empat hektar di 15 titik yang mencoba menanam bawang merah, karena selama ini beranggapan sulit membudidayakannya. 

"Saya optimis produksi bawang merah dapat terus dikembangkan, sehingga mengurangi ketergantungan pasokan dari luar," pungkas Elius Gani. (dwi/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL