Lahan Semak Belukar GOR Terbakar, Tiga Mobil Pemadam Dikerahkan

Firman    •    Jumat, 05 Maret 2021 | 19:22 WIB
Lokal
Tim Unit Patroli Reaksi Cepat (UPRC) Dit Samapta Polda Babel dan Tim BPBD Provinsi Babel memadamkan api yang membakar semak belukar di kawasan GOR Sihabuddin Pemprov Bangka Belitung.(fn/wb)
Tim Unit Patroli Reaksi Cepat (UPRC) Dit Samapta Polda Babel dan Tim BPBD Provinsi Babel memadamkan api yang membakar semak belukar di kawasan GOR Sihabuddin Pemprov Bangka Belitung.(fn/wb)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com  -- Lahan dan hutan kering di kawasan Gelanggang Olahraga (GOR) Sahabuddin Provinsi Bangka Belitung dilahap sijago merah, Jumat (5/3/2021) sore.

Api yang melahap lahan hutan kering di kawasan GOR tersebut membuat kepulauan asap bertebaran di udara.  Melihat adanya kepulauan asap akibat kebakaran hutan dan lahan kering, Tim Unit Patroli Reaksi Cepat (UPRC) Dit Samapta Polda Babel dan Tim BPBD Provinsi Babel langsung mendatangi lokasi titik api.

AKP S Siregar yang memimpin proses pemadaman api itu mengatakan, api yang membakar hutan dan lahan kering di seputaran GOR tersebut diduga dari percikan puntung api rokok.

"Dugaan sementara ini, api dipicu dari percikan puntung rokok yang dibuang oknum warga tanpa sengaja," ungkap Pamenwas Polda Bangka Belitung, AKP S Siregar.

Selain itu diterangkan Siregar, dalam pemadaman Karhutla ini, Tim UPCR Samapata Polda Babel, bersama BPBD Provinsi dan Damkar mengerakkan tiga unit mobil pemadam kebakaran.

"Ada tiga unit mobil damkar yang kita kerahkan untuk memadamkan api, seperti mobil AWC milik Dit Samapta, mobil BPDB Provinsi dan mobil milik Damkar," katanya.

Ia menyebutkan, api ini membakar beberapa titik yang ada di lokasi GOR, dan api sudah berhasil dipadamkan, namun masih ada beberapa titik api yang sulit dijangkau.

Tim gabungan masih terus berupaya melakukan pemadaman api yang masih ada.

"Jadi kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang bekas puntung rokok sembarangan, dan jangan membakar lahan di musim kemarau seperti saat ini, karena rentan terjadi Karhutla," pesan AKP S Siregar.(fn/wb)




MEDSOS WOWBABEL