Melungsurnya Akhlak Pelajar Masa Kini

Jurnalis_Warga    •    Jumat, 12 Maret 2021 | 15:41 WIB
Opini
Nazira Al Hijjah Syahara (Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung).(ist)
Nazira Al Hijjah Syahara (Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung).(ist)


Oleh: Nazira Al Hijjah Syahara (Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung)


Akhlak merupakan cerminan bagi diri seseorang. Terutama bagi para pelajar atau remaja zaman sekarang. Penulis mengajak para pembaca untuk mengetahui lebih dalam tentang betapa pentingnya akhlak bagi seorang pelajar agar bisa mengambil ajaran dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tentu kita sudah tahu tentang akhlak, bahkan di setiap sekolah dikhususkan  mata pelajaran akidah akhlak dan pendidikan berkarakter, akan tetapi masih banyak pula  pelajar yang masih belum bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.  Adapun pengertian akhlak pada  umumnya dapat diartikan sepahaman dengan sopan santun, budi pekerti , dan moral. 

Menurut Anis Matta akhlak adalah nilai dan pemikiran yang menjadi sikap mental hingga mengakar dalam jiwa, kemudian tampak dalam bentuk tindakan dan perilaku yang bersifat tetap, natural atau alamiah tanpa dibuat-buat, serta refleks. 

Dalam praktik akhlak di  kehidupan  sehari-hari  dapat dimulai dengan hal-hal kecil dari lingkup keluarga yaitu menghormati orang tua, berkata sopan kepada orang tua, bersikap jujur kepada semua orang, serta memiliki sikap rela berkorban.  Namun, jika hal itu tidak biasa dilakukan di lingkungan keluarga, dampaknya menyulitkan anak-anak maupun remaja untuk beradaptasi di lingkungan sekitar. 

Sebagai pendidikan bagi anaknya, orang tua diwajibkan untuk mencontohkan tindakan yang baik kepada anak-anaknya sesuai ajaran agama. Tak hanya itu, orang tua juga berperan memberikan ajaran bahwa tujuan akhir ialah untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Selanjutnya,.penulis akan membahas tentang melungsurnya akhlak. Berbagai penyebab yang diakibatkan antara lain; kurangnya pengetahuan pelajar dalam  penggunaan media sosial, misalnya ada beberapa kata yang sering saya temui seperti kata anjay, anjir, dan sebagainya. 

Mereka menganggap bahwa kata tersebut biasa saja, tetapi bila dipahami maknanya yang berarti “anjing”, sehingga mereka menganggap remeh dan sudah terbiasa mengucapkan kalimat gaul tersebut di berbagai kondisi.

Salah satu kejadian mencerminkan akhlak yang buruk adalah tragedi meninggalnya seorang  guru dianiaya muridnya di SMA Negeri 1 Torjun, Sampang tepatnya pada  1 Februari 2018 silam. Tragedi tersebut sudah tentu hal yang sangat mengejutkan bagi masyarakat Indonesia, khususnya para guru. Alasan inilah yang mendasari bahwa membimbing anak-anak khususnya pelajar terus digeruskan. 

Emosi yang tidak stabil dan berbagai faktor eksternal membuat pelajar seolah-olah ia bebas melakukan apapun dan merasa yang ia lakukan untuk menyenangkan hawa nafsunya yang buruk. Pakar hukum tata negara berinisiatif bahwa perlunya penguatan akhlak dan budi pekerti untuk membentengi anak-anak generasi muda khususnya pelajar. 

Peran orang tua, guru, dan kepribadian anak sangat berpengaruh untuk menanamkan akhlak yang sesuai, akan tetapi masyarakat juga ikut berperan dalam membentengi akhlak seorang anak karena lingkungan masyarakat adalah tempat kedua bagi anak-anak melakukan interaksi. Oleh sebab itu, masyarakat perlu memantau  setiap pergaulan anak di sekitar dengan cara memotivasi anak dengan kata sopan, memberi contoh dalam berkata yang jujur dan santun, serta saling menghargai keragaman di lingkungan sekitar.

Betapa pentingnya akhlak diutamakan oleh semua orang, khususnya para pelajar. Mengapa demikian? Sebab orang berakhlak sudah tentu memiliki ilmu karena untuk membagikan ilmunya ia mengedepankan akhlak agar bermanfaat. Banyak sekali orang pintar di dunia ini, tetapi tidak akan bermanfaat jika tidak memiliki akhlak di dalam dirinya. Imam Al-Ghazali pun berkata bahwa kedudukan adab atau akhlak itu di atas ilmu dan semestinya lebih dikedepankan. Mari utamakan akhlak, maka ilmu akan mengikuti.(*)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL