PT Timah Bersama Pokdakan Pesona Cahaya Lestari Tebarkan 5.000 Bibit Kakap Putih di Lahan Bekas Tambang

ADVERTORIAL    •    Jumat, 12 Maret 2021 | 09:16 WIB
Lokal
PT Timah Tbk bersama Pokdakan Pesona Cahaya Lestari menebar sebanyak 5.000 ekor bibit kakap putih di kawasan budidaya kakap putih bekas tambang kawasan Wisata Telaga Emas Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kamis (11/3/2021).(ist)
PT Timah Tbk bersama Pokdakan Pesona Cahaya Lestari menebar sebanyak 5.000 ekor bibit kakap putih di kawasan budidaya kakap putih bekas tambang kawasan Wisata Telaga Emas Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kamis (11/3/2021).(ist)

SUNGAILIAT, www.wowbabel.com -- PT Timah Tbk bersama Pokdakan Pesona Cahaya Lestari menebar sebanyak 5.000 ekor bibit kakap putih di kawasan budidaya kakap putih bekas tambang kawasan Wisata Telaga Emas Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kamis (11/3/2021). 

Budidaya kakap putih dengan menggunakan sistem Kerambah Jaring Apung (KJA) yang terintegrasi dengan kawasan Wisata Telaga Emas merupakan program CSR PT Timah untuk memberdayakan masyarakat sekitar tambang. Bahkan tak jauh dari lokasi budidaya dan wisata ini masih ada tambang aktif, namun tiga sektor yakni penambangan, budidaya kakap putih, dan juga Wisata Telaga Emas dapat berjalan secara bersamaan. 

Melalui program budidaya kakap putih di lahan bekas tambang ini merupakan upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Pokdakan Pesona Cahaya Lestari ini juga akan dibekali dengan pelatihan dan pembinaan dari PT Timah untuk budidaya perikanan dan juga membuat pakan. 

Sekretaris Pokdakan Pesona Cahaya Lestari, Adam mengatakan dengan adanya budidaya kakap putih di lahan bekas tambang ini, semoga bisa menjadi contoh bagi masyarakat lainnya agar dapat memanfaatkan lahan bekas tambang untuk kegiatan produktif yang bernilai ekonomi. 

Ia menyebutkan, pihaknya bersyukur bisa menjadi binaan program CSR PT Timah dengan dibantu bibit kakap putih. Selain kakap putih, pihaknya juga membudidayakan kepiting soka, dan beberapa jenis ikan air tawar lainnya seperti gurami, nila dan lainnya. 

“Kami senang dapat bantuan bibit kakap putih ini, dan kami juga diberikan pelatihan. Semoga kami bisa jadi contoh masyarakat lainnya dalam mengelola lahan bekas tambang. Kami berharap PT Timah juga terus bisa membantu kami dan kelompok masyarakat lainnya,” ujarnya. 

Manager kawasan wisata Telaga Emas, Yanuar mengatakan kawasan Wisata Telaga Emas yang dikelola pihaknya merupakan kawasan bekas tambang yang disulap menjadi wisata air dan juga darat. Menurutnya, pihaknya juga bersedia menampung hasil panen kakap putih untuk dijual di restoran mereka.

“Kawasan wisata ini juga lahan bekas tambang, kita kelola seperti ini, sebetulnya lahan dan kolong bekas tambang ini bisa dimanfaatkan. Untuk budidaya ikan juga bisa, makanya di sini kami buat terintegrasi. Semoga ini juga bisa menjadi contoh untuk mengelola lahan bekas tambang,” ujarnya. 

Sekretaris Camat Sungailiat, Ramzi mengaperasiasi program yang dijalankan PT Timah ini, pasalnya melalui budidaya perikanan ini bisa memberikan keterampilan dan juga penghasilan bagi kelompok pemuda yang mengelolanya. 



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL