Sebanyak 500 Tanaman Semarakkan Kontes Bonsai Nasional

Caption: Para peserta kontes bonsai turut meramaikan pameran serta kontes bonsai nasional di Kota Pangkalpinang, Jumat (12/3/2021) di Alun-alun Taman Merdeka. (hdd/wb)
Caption: Para peserta kontes bonsai turut meramaikan pameran serta kontes bonsai nasional di Kota Pangkalpinang, Jumat (12/3/2021) di Alun-alun Taman Merdeka. (hdd/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Sekitar 500 tanaman dari para penggemar bonsai turut meramaikan pameran serta kontes bonsai nasional di Kota Pangkalpinang, Jumat (12/3/2021) di Alun-alun Taman Merdeka.

Kontes ini diselenggarakan oleh Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Provinsi Bangka Belitung bersama PPBI Kota Pangkalpinang. 

Dalam kontes tersebut akan mempertandingkan kelas mame, small, medium, large, extra large, tanaman lokal atau endemik, dan kelas prospek untuk kategori kontes bonsai. Serta tanaman endemik khas Bangka Belitung seperti sapu-sapu, jeruk kinkit, sapu-sapu laki atau kuncung.

"Untuk yang diikutsertakan itu ada kelas small dengan mame, medium, XL dengan L, prospek umum, serta endemik Pulau Bangka," ujar," ujar Ketua PPBI Pangkalpinang, Syamsul Hilal di lokasi kontes. 

"Dan ditambah kelas khusus yaitu ficus atau beringin. Sebagai penyelenggaranya dari AMPG, mereka minta kelas ficus itu menjadi kelas khusus karena (lambang Golkar) pohon beringin," jelasnya.

Sementara untuk penjurian akan dinilai mulai dari akar, pohon, kematangan dahan-dahan, ranting, tingkat kesuburan, pot dan lain-lainnya.

"Untuk penilaian dari dewan juri, itu dari karakter pohon yang mulai dari akar, liuk pohon, tingkat keseimbangan, perantingan, tingkat kesuburan dan kesehatannya," jelas Syamsul.

"Para juri terdiri dari Pak Maya berasal dari Kota Bogor, Sujono dari Tanggerang, Untung dari Bekasi dan Irawan yang merupakan dewan juri," pungkas Syamsul. (hdd/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL