Pasar Dunia Defisit Gara-gara Pasokan Timah Indonesia Tersendat

Tim_Wow    •    Kamis, 25 Maret 2021 | 17:33 WIB
Ekonomi
Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

LONDON, www.wowbabel.com -- Pasokan timah ke pasar dunia turun drastis pada tahun 2020 akibat tersendatnya ekspor timah dari Indonesia sebagai produsen terbesar dunia. Selain itu aturan ekspor timah di Indonesia yang makin ketat sehingga smelter swasta di Bangka dan Belitung sulit untuk mengirim timah.

Hingga memasuki bulan Maret 2021, pasokan timah dari Indonesia masih tersendat, sementara permintaan pasar cukup besar. Asosiasi Timah Internasional (ATI) mendapatkan data pada Februari 2021, ekspor timah Indonesia mencapai 4.395 ton. Jumlah ekpsor timah meningkat dari Januari tetapi turun 40% dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu.

"Saya belum pernah melihat defisit yang lebih besar dari logam mana pun, dan saya juga tidak pernah melihat logam apa pun saat ini kecuali di timah," kata Mark Thompson, ketua perusahaan pertambangan Inggris Tungsten West dan mantan Kepala Investasi Pengelola Asset di Galena yang dikutip dari mettalbulletin.com , Kamis (25/3/2021).

Mark menambahkan, pasokan timah merosot selama tahun 2020, terutama disebabkan  ekspor timah Indonesia sebagai pemasok utama bagi industri solder di Asia dan Amerika Serikat tersendat.

PT Timah Tbk sebagai produsen utama timah Indonesia terbesar kedua di dunia, turun 30.700 ton tahun lalu menjadi 45.700 ton pada tahun 2020. Menurut data ATI, jumlah produski PT Timah tahun 2020 sama dengan 8,4% dari konsumsi timah olahan secara global. 

Sementara produksi dari negara lain di antara sepuluh produsen timah terbesar tidak berubah, menurut statistik dari Asosiasi Timah Internasional.

"Secara historis, sumber pasokan terbesar Indonesia kecuali China, ekspor telah dibatasi sepanjang tahun lalu," kata Tom Mulqueen seorang analis di pialang London.

Selain pembatasan ekspor timah Indonesia, smelter swasta Indonesia, yang berada di Pulau Bangka dan Belitung masih berusaha untuk mengekspor timah mereka namun terkendala oleh aturan ketat dari pemerintah. 

Pelaku pasar timah mengatakan bahwa mereka melihat tekanan terhadap pasokan timah menyebabkan harga timah naik drastis sejal awal tahun. Harga timah yang terus meningkat dan stok timah yang menipis membuat perusahaan solder dan produsen baja terkejut.

Pada saat harga tunai timah diperdagangkan di atas USD  20.000 per ton di London Metal Exchange (bursa berusia 144 tahun) dalam watu singkat harga mencapai USD 27.850 per ton. Kenaikan sebesar 35% hingga saat ini menjadikan timah sebagai logam dasar berkinerja terbaik di LME tahun ini. (wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL