Ribuan Knalpot Brong Hasil Sitaan Polda Babel Dijadikan Rumpon

Firman    •    Minggu, 28 Maret 2021 | 06:04 WIB
Lokal
Rumpon yang dibuat dari knalpot brong hasil sitaan Polda Bangka Belitung.(fn/wb)
Rumpon yang dibuat dari knalpot brong hasil sitaan Polda Bangka Belitung.(fn/wb)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Ribuan knalpot brong atau racing yang terjaring razia Ditlantas Polda Babel beserta Satlantas Polres yang ada di wilayah hukum Polda Bangka Belitung akan dijadikan rumpon atau karang buatan tempat ikan berkumpul.

Hal itu disampaikan Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Babel, Kombes (Pol) Hindarsono, Sabtu (27/3/2021).

Dikatakan Hindarsono, tahun 2020 yang lalu pihaknya telah berhasil menyita kurang lebih ada 3.700 knalpot brong dari para pengguna sepeda motor. 

"Tahun 2021 ini, dari Januari hingga akhir Maret tahun 2021, ada kurang lebih 970 knalpot brong, yang berhasil disita," ungkapnya.

"Jadi ribuan knalpot brong yang disita tersebut, akan kita dijadikan rumpon atau yang karang buatan untuk tempat ikan berkumpul," ungkap Kombes (Pol) Hindarsono.

Ia menambahkan knalpot brong yang telah dirakit menjadi rumpon tersebut nantinya akan diserahkan ke Direktorat Polairud Polda Babel dan kemudian ditenggelamkan ke dasar laut.

"Knalpot brong yang disita dibuatkan rumpon, dan kemudian dibentuk seperti kapal-kapal dan ditebar oleh kawan Ditpolairud ke dasar laut, dan hasilnya fotonya pun sudah ada," terangnya.

Selain itu ia menyampaikan, agar para produsen dan pemilik toko spearpart tidak lagi memproduksi dan menjual knalpot brong, karena dinilai sangat mengganggu ketertiban. 

"Jadi jangan lah ini dibuat dan dijual lagi, dan ini sangat mengganggu ketertiban Lalulintas, serta mengganggu orang beribadah," pesannya.

"Karena suara yang berisik dari kenalpot brong bisa mengganggu orang sakit, anak sekolah, yang punya anak kecil pun terganggu akibat bsuara knalpotnya tidak karuan, maka sekarang kami tertibkan," tutur Hindarsono.

Hindarsono juga menambahkan selain dijadikan rumpon atau karang buatan tempat ikan berkumpul, nantinya knlapot brong yang hasil sitaan lainnya juga akan dijadikan monumen "Tiada Guna" di kawasan taman Bhaypark Polda Babel.

"Kita sudah izin dengan Pak Kapolda untuk membangun monumen "Tiada Guna" dari knalpot brong, dan Pak Kapolda pun menyetujui atau membolehkan serta mengizinkan dibikinnya monumen "Tiada Guna" dari knlapot brong, yang akan dibangun di taman Bhaypark Polda Babel,"  terangnya.

Ditambahkan Hindarsono, knalpot brong yang akan dijadikan monumen "Tiada Guna" lantaran knalpot brong itu memang tidak ada gunanya.

"Lagian kan uangnya sayang dibelikan dengan knalpot brong, dan suara yang berisik dari knalpot bisa memanggu orang banyak," pungkasnya.(fn/wb) 



MEDSOS WOWBABEL