Mau Buat dan Perpanjang SIM Secara Online, Begini Caranya

Firman    •    Jumat, 02 April 2021 | 18:02 WIB
Lokal
Caption: Pelayanan sim keliling. (dok/wb)
Caption: Pelayanan sim keliling. (dok/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) A, dan C. akan segera dilauching oleh Korps Lalu Lintas (Kakorlantas).

Jelang dilauchingnya aplikasi SIM online tersebut, akan memudahkan masyarakat dalam pembuatan dan perpanjangan SIM A dan C ditengah wabah Pandemi Covid-19.

PS Kasi SIM Ditlantas Polda Babel Iptu Ayu Tri Utami mengungkapkan, perberdaan pembuatan SIM online dan perjangan SIM ini ditengah Pandemi Covid-19, sangat membantu masyarakat.

"Misalnya kan membuat SIM atau perpanjangan di Satpas-Satpas bisa menyebabkan antrean panjang," kata Ayu.

Selain itu, dikatakannya dengan bisa menyebabkan terjadinya antrian juga akan mengurangi kontak fisik langsung antara petugas dan pemohon.

"SIM online ini nanti juga akan mengurangi kontak langsung antara petugas dan pemohon, dan SIM online ini juga akan mengurangi para calok," tuturnya.

"Karena pembuatan SIM online ini juga melakukan pembayarannya langsung ke bank BNI," sambungnya.

Ayu menyebutkan, cara pendaftaran SIM online ini nantinya bisa dilakukan di mana saja.

"Misalnya ada masyarakat sedang berada di luar daerah, dan ia ingin membuat SIM atau perpanjangan ia bisa mendaftar ke Satpas terdekat, kalau ia berada di Pangkalpinang bisa daftar ke Satpas Pangkalpinang, kalau dia berada di Palembang, juga bisa mendaftar ke Satpas Polres Palembang," terangnya.

Ditambahkannya, masyarakat yang sudah membuat atau perpanjangan SIM nantinya akan dikirim ke pemohon melalui PT Pos.

"Jadi nantinya untuk pengambilan SIM yang melalui online itu ada tiga mekanisme, seperti akan dikirim melalui jasa pengiriman lewat PT Pos, atau pemohon juga bisa mengambilnya ke Satpas tempat ia mendaftar," sebutnya.

Diterangkan Ayu, nanti kurir dari pihak PT Pos yang datang ke Satpas untuk mengambil SIM pemohon yang akan dikirim bisa ke loket khusus pengambilan SIM.

"Sekarang loket SIM itu sudah di persiapkan sama Satpas-Satpas yang ada di Bangka Belitung," tandas Iptu Ayu Tri Utami. (fn/wb)




MEDSOS WOWBABEL