Wow Pembuatan dan Perpanjangan SIM A dan C Bisa Dilakukan Secara Online

Firman    •    Jumat, 02 April 2021 | 16:47 WIB
Lokal
Ilustrasi (dok/wb)
Ilustrasi (dok/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Bangka Belitung, dalam waktu dekat akan meluncurkan aplikasi online pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) A dan C secara online.

Dengan aplikasi online pembuatan dan perpanjangan SIM A dan C secara daring maka masyarakat tanpa harus mendatangi kantor-kantor Satlantas yang ada di wilayah masing-masing.

Direktur Lalu Lintas Polda Babel, Kombes (Pol) Hindarsono melalui PS Kasi SIMĀ  Ayu Tri Utami mengatakan, bulan April ini aplikasi online pembuatan dan perpanjangan SIM akan segera dilauching.

"Kalau tidak ada hambatan, dan Insya Allah minggu kedua bulan ini juga, aplikasi online pembuatan dan perpanjangan SIM itu akan dilaunching Kakorlantas secara online seluruh Indonesia," kata Iptu Ayu Tri Utami, Jumat (2/4/2021).

Ia menyebutkan, aplikasi online pembuatan dan perpanjangan SIM A dan C ini merupakan salah satu program Kapolri melalui Kakrorlantas.

"Cara pembuatan dan perpanjangan SIM A dan C, bagi masyarakat bisa melalui online dengan menggunakan One Time Password (OTP) dan di situ nantinya pemohon bisa mendaftar melalui aplikasi tersebut," ungkapnya.

Ayu menambahkan, setelah di daftar ke aplikasi itu, nantinya petugas Satpas akan melakukan pengecekan dan verifikasi wajah pemohon, sesuai apa tidak dengan KTP pemohonnya.

"Nanti juga akan ada pelaksanaan verifikasi kesehatan dan psikologinya. Verifikasi dilakukan oleh verifikator melalui pc, pemohon hanya datang untuk pemeriksaan kesehatan dan praktik saja," tuturnya.

Dikatan Ayu, Satpas yang ada di Provinsi Babel saat ini sudah mempersiapkan proses itu, dan ada berapa hal yang harus di persiapkan oleh Satpas.

"Alhamdulillah kita melihat saat ini tujuh Satpas yang ada di kita semuanya sudah siap," imbuhnya. (fn/wb)




MEDSOS WOWBABEL