Jangan Asal Makan Jamur, 12 Orang Warga Desa Ranggung Keracunan

Aston    •    Sabtu, 03 April 2021 | 22:38 WIB
Nasional
Salah satu warga Desa Ranggung Kecamatan Payung masih menjalani perawatan di Puskesmas Payung lantaran diduga keracunan jamur.(ist)
Salah satu warga Desa Ranggung Kecamatan Payung masih menjalani perawatan di Puskesmas Payung lantaran diduga keracunan jamur.(ist)

PAYUNG,www.wowbabel.com -- Jamur merupakan salah satu jenis sayuran yang populer dan digemari oleh banyak orang. Jamur atau lebih dikenal dengan 'Kulat' oleh masyarakat lokal di Bangka Belitung mempunyai berbagai macam kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. 

Namun,  jangan sampai salah memilih jenis kulat. Seperti yang dialami 12 orang warga Desa Ranggung, Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Jumat (2/4/2021) malam dilarikan ke rumah sakit usai menyantap kulat. Belasan warga itu diduga keracunan. 

"Ya ada sebanyak 12 orang warga kami dilarikan ke rumah sakit usai memakan kulat, tapi alhamdulillah sampai saat ini sembilan orang sudah dipulangkan. Sisa tiga orang lagi yang masih di rawat," kata Matnur, Kepala Desa Ranggung.

Menurutnya,  kulat yang dimakan warganya itu berasal dari pemberian warga desa tetangga yang diyakini merupakan jenis kulat hati. 

"Jadi ada salah satu warga kami diberi kulat dari keluarganya yang berasal dari Desa Irat. Kemudian warga kami membagikan kepada tetangga-tetangga. Informasi jenis kulat nya adalah kulat hati," kata Matnur. 

Namun, ia khawatir bahwa kulat yang dimakan  bukan jenis kulat hati yang umum dikonsumsi atau kulat telah bercampur dengan jenis kulat beracun.

"Mungkin bentuk kulatnya hampir sama tapi bukan kulat hati. Atau mungkin juga telah bercampur dengan kulat beracun. Atau bisa juga masaknya yang belum terlalu matang," tutur Matnur. 

Ia menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati mengkonsumsi kulat terutama kulat yang banyak tumbuh subur di hutan lebat. 

"Teliti betul-betul karena terkadang bentuk hampir sama tapi bukan kulat yang boleh di makan," imbuhnya.(as/wb) 






TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL