Terima Dana Bergulir, Tri Nurjanah Tingkatkan Produksi Rusip Mak Lela

Tri Nurjanah.(ist)
Tri Nurjanah.(ist)

PANGKALANBARU,www.wowbabel.com -- Rusip atau ikan yang difermentasikan merupakan salah satu makanan khas Bangka Belitung. Rusip merupakan makanan tambahan yang biasanya disantap dengan lalapan. Rasanya memang unik agak asam-asam. Biasanya rusip disajikan dicampur dengan irisan bawang merah, cabai dan perasan jeruk kunci. 

Sekilas memang tampak tak begitu menarik, tapi jika sudah dicicipi rusip yang berbahan dasar ikan bilis atau ikan ciu ini dapat meningkatkan nafsu makan. Warnanya yang agak keruh dengan potongan daging ikan yang halus dan memiliki bau yang agak menyengat membuat rusip memiliki cita rasa yang khas. 

Banyak pelaku usaha khususnya di wilayah pesisir di Bangka Belitung yang memproduksi rusip. Tri Nurjanah salah satunya, warga Desa Batu Belubang, Kecamatan Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah ini memproduksi rusip sejak dulu, bisnis turunan orang tuanya ini terus Ia kembangkan. 

Rusip produksi Tri Nurjanah diberi nama ‘Rusip Mak Lela’ ini telah dipasarkan ke pelosok wilayah Bangka. Bahkan disaat sedang banyak ikan bisa memproduksi hingga ratusan kilo ikan untuk dibuatkan rusip. 

“Rusip Mak Lela ini bisnis turunan orang tua saya, sudah sejak tahun 2000 an buat rusip dan ini sudah dipasarkan kemana-mana di Pulau Bangka ada juga ke Palembang. Rusip ini juga sudah memiliki sertifikat halal dan PIRT,” katanya belum lama ini.

Selain memproduksi rusip, dirinya juga memproduksi kemplang ikan, kecalok dan teritib. Sayangnya kecalok dan teritib hanya ada pada musim-musim tertentu. 

Tri Nurjanah meneruskan bisnis orang tuanya sejak tahun 2013 silam, menurutnya membuat rusip ini memang susah susah gampang. Pasalnya, jika saat tidak ada stok ikan mereka tak bisa produksi dan jika adonan tidak pas membuat rasa rusip menjadi tidak enak. 

“Rusip yang kami buat harus dari ikan segar, kalau enggak segar rusipnya bisa busuk, adonan juga harus pas. Membuat rusip ini kan harus dibersihkan ikannya lalu digiling dan difermentasi selama enam hari,” katanya. 



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL