Sebelum Diekspor Zirkon dan LTJ Harus Diolah, Begini Syaratnya

Firman    •    Senin, 05 April 2021 | 08:18 WIB
Nasional
Sebanyak delapan kontainer yang berisi kurang lebih 200 ton mineral ikutan Pasir Zirkon yang rencananya akan dikirim ke China terancam batal diekspor. (fn/wb)
Sebanyak delapan kontainer yang berisi kurang lebih 200 ton mineral ikutan Pasir Zirkon yang rencananya akan dikirim ke China terancam batal diekspor. (fn/wb)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Ketentuan Direktorat Jenderal Minerba Kementerian ESDM mengungkapkan, untuk tatakelola ekspor zirkon dan logam tanah jarang (LTJ) memiliki syarat yang berbeda, dan aturan itu menjelaskan tentang persyaratan ekspor zirkon, ekspor LTJ dalam bentuk ilmenit, dan eskpor LTJ dalam bentuk monasit dan xenotim.  

Sebagaimana diketahui LTJ di Bangka Belitung diperoleh dari  penambangan timah, selain zirkon masih terdapat mineral ikutan yang dikenal dengan LTJ dalam bentuk ilmenit, monasit dan xenotime yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi.

Kementerian ESDM perlu mengatur pengolahan jenis LTJ yang akan diekspor tersebut. Selama ini, berbagai jenis kandungan mineral itu tanpa pengolahan dikirim begitu saja.

"Kitakan baru, begitu ya, sudah sering dikirim?" tanya Ridwan Djamaludin Direktur Jenderal Minerba Kementerian ESDM saat ditanya wartawan jika pengiriman zirkon beberapa kali terjadi melalui Pelabuhan Pangkalbalam, Bangka Belitung, 

Ridwan bersama stafnya sengaja datang ke Pangkalbalam setelah mendapat informasi adanya pengiriman 200 ton zirkon tujuan China. Untuk memastikan kandungan dan kadar zirkon, 

Minggu (4/4/2021) pihaknya mengambil sampel barang untuk diperiksa. Barang yang sudah ada dalam petikemas tidak boleh keluar Pangkalbalam sebelum hasil pemeriksaan selesai.

Berikut Persyaratan Dirjen Minerba tentang tatakelola ekspor Zircon dan LTJ : 

* Persyaatan Ekspor Zircon :

Telah memenuhi batasan minimum pengolahan (kadar ZrSiO4. 65.66%)

Laporan Surveyor (LS) untuk verifikasi batasan minimum pengolahan

Ekspor ilmenit sebagai produk sampingan zircon harus memiliki batasan minimum pengolahan


*Persyaratan Ekspor LTJ dalam bentuk Ilmenit:

Telah memenuhi batasan minimum pengolahan hingga menjadi konsentrat

Memerlukan rekomendasi ekspor

Hanya dilakukan oleh pemegang IUP yang membangun smelter 

Smelter dapat melakukan ekspor secara terbatas sampai 31 Desember 2021


*Persyaratan Ekspor LTJ dalam bentuk monasit dan xenotim :

LTJ harus lebih dahulu dipisahkam menjadi REOH/REO 

Dapat diekspor setelah memenuhi batasan minum REOH/REO

LS untuk verifikasi batasan mininum pengolahan

Keterangan : Monasit dan Xenotime adalah mineral utama pembawa LTJ dan merupakan produk sampingan timah dan zirkon.(fn/wb) 




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL