Angin Kencang, Rumah dan Kendaraan Warga Pangkalpinang Tertimpa Pohon

Caption: Atap rumah warga ambruk dihantam angin kencang. (IST)
Caption: Atap rumah warga ambruk dihantam angin kencang. (IST)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Sebanyak enam rumah warga di Kota Pangkalpinang mengalami rusak berat akibat diterjang angin puting beliung pada Senin (5/4/2021) malam. Angin kencang disertai hujan deras yang terjadi sekitar pukul 21.40 WIB juga menyebabkan sejumlah pohon tumbang.

Berdasarkan data BPBD Kota Pangkalpinang pada pukul 01.00 WIB, tercatat ada sebanyak 11 titik pohon tumbang dan merobohkan atap rumah warga yang terbuat dari rangka baja. 

Pohon tumbang tersebut mengakibatkan sejumlah akses jalan menjadi terhambat dan membuat delapan unit motor dan satu unit mobil ringsek akibat tertimpa pohon.

Enam lokasi pemukim rumah warga yang rusak berat akibat diterjang angin beliung itu, diantaranya rumah milik warga di Kelurahan Gedung Nasional tepatnya di Kampung Sebrang terdapat empar unit rumah.

Selain itu rumah milik warga di Kelurahan Jerambah Gantung-Kampak terdapat satu unit rumah dan satu unit rumah di Kelurahan Taman Bunga.

"Itu data sementara sampai pagi tadi, untuk yang lainnya masih dalam proses karena ada data-data terbaru yang masuk. Saat ini kita sudah melakukan mengevakuasi terhadap harta benda dan jiwa," kata Kasi Pencegahan BPBD Pangkalpinang, Renal, Selasa (6/4/2021).

"Pembersihan pohon-pohon yang tumbang pada fasilitas publik, melakukan pendataan kepada korban akibat bencana tersebut dan memberikan bantuan kepada warga berdasarkan data yang didapatkan di lapangan," katanya.

Renal mengatakan sebanyak 60 personil dari BPBD Pangkalpinang diterjunkan ke lokasi bencana untuk melakukan evakuasi dan penyelamatan.

"Kita mengimbau kepada warga apabila terjadi angin kencang untuk selalu waspada dan jangan berteduh di bawah pohon atupun bangunan sekira mudah runtuh," ujarnya. (hdd/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL