Timgab Bersihkan Tambang Liar di Teluk Kelabat

Dwi H Putra    •    Selasa, 06 April 2021 | 21:03 WIB
Lokal
Timgab melakukan penertiban tambang inkonvensional (TI) liar jenis rajuk di Perairan Teluk Kelabat Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka.(dwi/wb)
Timgab melakukan penertiban tambang inkonvensional (TI) liar jenis rajuk di Perairan Teluk Kelabat Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka.(dwi/wb)

BELINYU, www.wowbabel.com - Tim gabungan (Timgab) terdiri dari Direktorat Polisi Perairan (Ditpolair) Kepolisian Daerah (Polda) Bangka Belitung (Babel), Polres Bangka dan Polsek Belinyu menggunakan beberapa kapal melakukan penertiban tambang inkonvensional (TI) liar jenis rajuk di Perairan Teluk Kelabat Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka. 

Penertiban dilakukan menindaklanjuti keluhan nelayan yang sempat demo ke PT Timah Tbk, Senin (5/4/2021) kemarin. 

Penertiban yang dimulai habis Salat Dzuhur oleh timgab dengan mendatangi ponton yang berjumlah puluhan di perairan tersebut. 

Namun sayangnya kebanyakan ponton TI sudah ditinggal pekerja dengan peralatan masih lengkap.

Petugas kemudian menarik empat ponton TI ke Dermaga Mantung dan Pos Ditpolairud Polda Babel dekat Pelabuhan Tanjunggudang Belinyu. 

Kapolres Bangka, AKBP Widi Haryawan SIK, mengatakan kegiatan ini menindaklanjuti audiensi nelayan dengan Kapolda Babel dan Gubernur Babel terkait aksi demo di Gedung PT Timah Tbk. 

"Ada yang kami amankan, yang lainnya kami minta penambang menariknya sendiri," kata AKBP Widi di Belinyu, Selasa (6/4/2021). 

Kapolres Bangka menambahkan penertiban akan dilakukan sampai tambang benar-benar bebas dari area zona tangkap nelayan di Teluk Kelabat.

"Nantinya akan ada pemantauan oleh Forkopimda Babel untuk memastikan daerah Teluk Kelabat bersih dari aktivitas tambang," pungkasnya. (dwi/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL