Sempat Melonjak USD 25.985 Per Ton, Harga Timah Turun Perlahan

Tim_Wow    •    Rabu, 07 April 2021 | 12:18 WIB
Ekonomi
Ilustrasi. (net)
Ilustrasi. (net)

LONDON, www.wowbabel.com -- Harga timah dunia kembali untuk  kontrak tiga bulan naik 3,4% pada pembukaan pasar di awal pekan. Timah memimpin kenaikan harga  logam dasar lainnya di pasar London Metal Exchange (LME) pada Selasa (6/4/2021).

“Harga kontrak berjangka London Metal Exchange untuk tembaga, nikel, seng dan timah mengawali pekan dengan kenaikan pada Selasa 6 April, menyusul data ekonomi positif yang dirilis di Amerika Serikat dan China pada Senin,” tulis Ana de Liz dari Fast Market.

Indeks manajer pembelian Institute for Supply Management (ISM) untuk industri jasa melonjak menjadi 63,7 di bulan Maret dari 55,3 di bulan Februari sebagai pemicu kenaikan harga logam.

Sempat melonjak, sehari kemudian harga timah perlahan turun kembali di harga USD 25.895 per ton. Tidak saja di LME, hal serupa terjadi di pasar Shanghai Futures Exchange (SHFE). Shanghai Metal Market melaporkan logam  dasar Shanghai turun sebagian besar pada Rabu (7/4/2021) pagi.

“Dalam perdagangan semalam, logam dasar Shanghai naik sebagian besar karena melemahnya dolar dan imbal hasil Treasury AS. Kompleks LME semuanya ditutup lebih tinggi pada hari Selasa. Tembaga naik 2,67%, aluminium naik 1,35%, seng naik 2,2%, nikel naik 3,05%, timbal bertambah 0,51% dan timah naik 2,71%,” tulis new.metal.com.

Kenaikan harga timah di SHFE sebagai respon pasar terhadap informasi tim pemeriksa lingkungan akan datang ke peleburan timah di Yunnan untuk itu kegiatan produski dihentikan sementara. Kabar ini  memicu kekhawatiran tentang pasokan bahan baku timah. (wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL