Begini Tip Persiapan Menyambut Ramadan

Tim_Wow    •    Jumat, 09 April 2021 | 11:32 WIB
Hiburan
ilustrasi.(sumber: get.muslimpro.com)
ilustrasi.(sumber: get.muslimpro.com)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Bulan Ramadan 1442 Hijriyah  akan segera tiba dan umat muslim bersiap untuk menyambutnya. Selain banyak keistimewaan pada Bulan Ramadan, umat muslim juga diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan.

Puasa Ramadan berbeda dengan puasa sunnah, seperti Puasa Senin dan Kamis, Puasa Rajab maupun Puasa Daud dalam hal hokum pelaksanaan dan Waktunya. Kendati pada hakikatnya sama saja, menahan lapar dan hawa nafsu.

Ibadah puasa dalam Bulan Ramadan wajib hukumnya bagi umat islam sebagaimana firman Allah dalam Alqur’an surat Al Baqarah ayat 183 dan umat islam tidak diperbolehkan untuk meninggalkannya kecuali memiliki uzur atau halangan. Berikut adalah dalil yang menjelaskan tentang kewajiban puasa ramadhan dan ketentuannya.

Dalam menyambut bulan yang penuh berkah ini tentunya, tentunya ada persiapan-persiapan yang perlu dilakukan Umat Muslim agar ibadah puasa berjalan lancar. Jika anda tidak terbiasa untuk melakukan puasa seperti puasa sunnah ada baiknya untuk mempersiapkan fisik dan mental anda mulai dari sekarang.

Beberapa tips persiapan puasa: 

Konsumsi lebih banyak cairan sebelum berpuasa, ini akan membantu sistem pencernaan dan proses detoksifikasi tubuh menjadi lebih baik sehingga anda akan merasa ringan saat berpuasa di Bulan Ramadan nanti. 

Konsultasikan kepada dokter sebelum berpuasa terutama bagi anda yang menderita penyakit kronis, ibu hamil maupun menyusui. Hal ini penting untuk memberikan masukan dan saran bagi anda terutama tentang konsumsi obat dan makanan selama Bulan Ramadan. 

Kurangi konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi juga dianjurkan saat anda akan memulai berpuasa. Makanan manis akan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat dan merangsang rasa lapar setelah makan. Jika anda suka mengkonsumsi cokelat, biskuit atau apapun dengan kadar gula yang tinggi sebaiknya kurangi dari sekarang.

Lakukan olahraga ringan, olahraga akan membantu sistem pertahanan tubuh anda terutama sistem limfatik untuk bekerja lebih baik dan membuat anda terhindar dari penyakit selama Bulan Ramadan.

Siapkan keluarga anda untuk menyambut Ramadan dan ajari anak-anak anda untuk lebih rajin beribadah dan buat suasana ramadhan lebih ceria dengan menghias rumah atau persiapkan buku-buku cerita islami yang bisa mereka baca.

Persiapkan dengan baik segala keperluan Ramadan mulai dari perabot yang digunakan untuk memasak dan alat-alat ibadah yang nanti akan digunakan untuk menjalankan ibadah selama Ramadan misalnya perlengkapan Salat Tarawih  dan lainnya.

Ada baiknya sebelum Ramadhan kita juga mempersiapkan sejumlah harta yang nanti akan kita gunakan untuk bersedekah di Bulan Ramadan dan untuk keperluan kita lainnya yang bermanfaat. 

Perbanyak bertobat dan membaca doa juga sangat dianjurkan sebelum memasuki Bulan Ramadan. 

Berikut doa yang bisa kita lafalkan sebelum menyambut Bulan Ramadan

“Allahumma bariklana fii rajab wa sya’ban wa balighna Ramadhan”. “Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab, Sya’ban dan sampaikanlah kami ke bulan Ramadhan” (HR. Ahmad dan Thabrani).(*/bbs)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL