Dilanda Hujan, UTBK di SMMKN 1 Tanjungpandan Berjalan Lancar

Jurnalis_Warga    •    Senin, 12 April 2021 | 14:08 WIB
Lokal
Caption: Para peserta UTBK hari pertama sesi pagi untuk kelompok ujian campuran saat sebelum ujian berlangsung, bertempat di ruang lab.TKJ SNKN 1 Tanjungpandang, Senin (12/4/2021) pagi. (IST)
Caption: Para peserta UTBK hari pertama sesi pagi untuk kelompok ujian campuran saat sebelum ujian berlangsung, bertempat di ruang lab.TKJ SNKN 1 Tanjungpandang, Senin (12/4/2021) pagi. (IST)

TANJUNGPANDAN, www.wowbabel– Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk jalur SBMPTN hari pertama di Belitung diwarnai hujan lebat, Senin (12/4/2021) pelaksanaan UTBK resmi dimulai serentak secara nasional yang terbagi dari dua sesi, yakni pagi pada pukul 7.30 WIB dan siang pukul 12.30 WIB.

Hujan deras yang melanda kawasan Belitung sekitar pukul 07.40 WIB sempat membuat Elyas Kustiawan sebagai Penanggung Jawab Lokasi UTBK di SMKN 1 Tanjungpandan Belitung khawatir akan menghambat kelancaran para peserta UTBK, namun berkat kesiapan yang matang dari panitia, hal-hal terkait kendala teknis khususnya di SMKN 1 Tanjungpandan bisa diantisipasi.

“Kami sempat khawatir dengan cuaca pagi hari ini, namun dengan kesiapan panitia dari SMKN 1 Tanjungpandan yang telah menghubungi pihak PLN dengan menyediakan genset cadangan di lokasi ujian sehingga membuat kami lega. Alhamdulillah saat hujan turun para peserta sudah berada di dalam ruangan,” tutur Elyas.

Tambahnya, pelaksanaan UTBK khususnya di SMKN 1 Tanjungpandan akan dilaksanakan selama empat hari dari tanggal 12 s.d 15 April 2021 dan akan diikuti sebanyak 671 peserta. Diakuinya pada pelaksanaan hari pertama tidak ada kendala yang signifikan, hanya ada 2 peserta yang tidak membawa kartu ujian dan sudah diantisipasi panitia untuk dibantu cetak.

“Sesi pagi ini yang mengikuti UTBK di SMKN 1 Tanjungpandan adalah kelompok ujian campuran dan hanya dua ruangan laboratorium yang dipergunakan. Jumlah peserta untuk kelompok ujian campuran ini  40 siswa, namun ada 6 orang yang tidak hadir,” tambahnya.

Elyas mengingatkan kembali bagi peserta yang akan mengikuti test pada tanggal berikutnya agar lebih teliti untuk membawa kelengkapan yang sudah ada tertera di kartu peserta UTBK pada saat ujian.

Kepala SMKN 1 Tanjungpandan, Erliana, sangat berterimakasih sekali kepada pihak UBB yang sudah memberikan kepercayaan kepada SMKN 1 Tanjungpandan sebagai mitra tempat penyelengara lokasi UTBK. 

Ia juga berharap pelaksanaan UTBK nanti bisa berjalan dengan aman dan lancar, serta memperoleh hasil yang maksimal. Terkait koordinasi dengan pihak kesehatan dan gugus covid Kabupaten Belitung, serta izin pelaksanaan kepada Pemkab Belitung.

“Mudah-mudahan fasilitas kami, terkait sarana dan prasarana yang ada di sekolah ini memuaskan, dan mudah-mudah kedepannya kita bisa melakukan mitra kerja lagi. Dan kami pun akan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada di sekolah,” tuturnya.


Diakuinya, dengan kedua kalinya SMKN 1 Tanjungpandan ditunjuk sebagai mitra UBB tempat pelaksanaan UTBK menjadi daya magnet tersendiri bagi pihak sekolah, dimana siswa-siswanya juga sangat antusias dan termotivasi untuk  melanjutkan ke perguruan tinggi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Tidak hanya itu, siswa dari sekolah lain yang ada di pulau Belitung juga dapat lebih mudah dan tidak perlu jauh-jauh untuk ikut tes UTBK, serta mengurangi biasa dan resiko kesehatan dimasa pandemi saat ini.

“Kami berharap kegiatan UTBK selama empat hari kedepan ini bisa berjalan dengan lancar dan peserta dapat dapat memperoleh hasil yang maksimal. Mudah-mudahan kedepan pesertanya semakin tahun semakin banyak,” kata Erliana.

Bagi siswa-siswa yang akan mengikuti UTBK agar mempersiapkan diri dengan baik, termasuk kesiapan fisik agar selalu menjaga kesehatannya. Meminimalisir penyebaran covid-19 para peserta sebelum masuk diarahkan untuk mencuci tangan dengan sabun yang sudah disiapkan panita, serta diarahkan ke ruang tunggu. Agar tidak terjadi kecurangan, para peserta satu persatu dilakukan pengecekan fisik dengan metal detector dan tetap selalu menjaga jarak aman. (rill/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL