Jelang Ramadan 1442 H, Polres Pangkalpinang Kumpulkan Pengurus Masjid dan Musala

Tim_Wow    •    Senin, 12 April 2021 | 17:00 WIB
Lokal
Polres Pangkalpinang bersama Pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Pangkalpinang mengumpulkan seluruh perwakilan pengurus musala dan masjid se-Kecamatan Gabek, Pangkalpinang, Senin (12/4/2021).(wb)
Polres Pangkalpinang bersama Pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Pangkalpinang mengumpulkan seluruh perwakilan pengurus musala dan masjid se-Kecamatan Gabek, Pangkalpinang, Senin (12/4/2021).(wb)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com -- Polres Pangkalpinang bersama Pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Pangkalpinang mengumpulkan seluruh perwakilan pengurus musala dan masjid se-Kecamatan Gabek, Pangkalpinang, Senin (12/4/2021).

Acara yang digelar di Aula Sarya Arya Racana Mapolres Pangkalpinang diikuti sekitar 60 orang perwakilan masjid dan musala di Kecamatan Gabek.

Ketua DMI Kota Pangkalpinang, Johan SAg, mengungkapkan jumlah musala dan masjid di Kota Pangkalpinang mencapai 170 bangunan, namun yang menyelenggarakan Salat Jumat sebanyak 107 bangunan.

"Pengurus sebagian besar tidak digaji, mereka Lillahi ta'ala. Untuk itu saya sangat apresiasi sekali," ungkap Johan.

Dalam kesempatan ini Johan menjelaskan bahwa pemerintah telah memberikan kelonggaran kepada Umat Islam untuk menggelar Salat Tarawih di masjid, namun tentunya harus sesuai dengan protokol kesehatan.

"Pada Tahun 1442 H seluruh masjid boleh menggelar Salat Tarawih, namun harus mentaati protokol kesehatan, seperti cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak," kata Johan

Johan juga mengingatkan agar para jemaah dalam kondisi kurang sehat hendaknya salat di rumah saja.

"Kondisi kurang sehat atau kurang prima lebih baik salat di rumah saja, untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Jemaah juga dianjurkan membawa perlengkapan salat dari rumah, seperti sajadah, sehingga tidak ragu-ragu dan terjamin kebersihannya. Tetap mengenakan masker saat Salat Tarawih," pesan Johan.

Johan  meminta agar pengurus musala dan masjid untuk menciptakan rasa aman dan tenang bagi para jemaahnya.

"Pengurus masjid harus membentuk tim prokes, memastikan keamanan dan ketenangan para jemaah. Menyiapkan tempat cuci tangan, handsanitizer serta memberikan masker kepada jemaah yang tidak membawa masker," tutur Johan.

Sementara itu Kasat Binmas Polres Pangkalpinang, Iptu Hardi, menyampaikan kelonggaran yang  diberikan pemerintah hendaknya dijaga dengan baik.

"Kami akan menjaga kamtibmasnya. Terapkan prokes sesuai aturan. Kami juga akan melakukan patroli rutin untuk meningkatkan keamanan," kata Iptu Hardi.

Iptu Hardi juga mengingatkan agar pengurus masjid dan musala menjaga keamanan dan kenyamanan para jemaah selama menjalankan ibadah di Bulan Ramadan.(wb) 



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL