Destinasi Wisata Bernuansa Alam di Kabupaten Buton

Tim_Wow    •    Selasa, 13 April 2021 | 14:59 WIB
Travel
Ilustrasi.(net)
Ilustrasi.(net)

BATAM, www.wowbabel.com -- Ingin menikmati keindahan wisata alam ala Indonesia? Kabupaten Buton bisa jadi pilihan yang tepat untukmu! Simak rekomendasi selengkapnya pada artikel berikut ini! 

Indonesia memang negara yang kaya dan terkenal akan keindahan alamnya yang memukau. Berbagai daerah di pelosok negeri ini menawarkan daya tarik wisata nan eksotis. Salah satunya ialah Kabupaten Buton.

Terletak di Sulawesi Tenggara, Kabupaten Buton merupakan bagian Pulau Buton dengan luas wilayah yang mencapai 2.488 km2. Daerah ini pun menyimpan berbagai keindahan wisata alam yang dapat dikunjungi dan dinikmati oleh wisatawan.

Penasaran? Simak kelima daftar yang telah dirangkum oleh Batam Tourism Polytechnic (BTP), salah satu politeknik swasta terbaik di bidang pariwisata yang berbasis di Batam, Kepulauan Riau. Berikut ulasannya.

 1. Benteng Keraton Buton

Benteng Keraton Buton yang terletak di Kota Bau-Bau ini merupakan benteng terluas di dunia yang tercatat dalam Guinness Book of Record dan Museum Rekor Indonesia (MURI). Luasnya mencapai 23.375 hektare dengan panjang keliling tembok yang mencapai 2.740 meter. Benteng ini bahkan jauh lebih luas dibandingkan Candi Borobudur dengan luas 15.129 hektare.

Dulunya benteng ini didirikan untuk tujuan pertahanan dan peradaban masyarakat saat menghadapi penjajahan Portugis. Selain itu, benteng ini turut digunakan untuk melindungi masyarakat dari serangan bajak laut.

Benteng yang juga dikenal dengan nama Benteng Wolio ini dibangun pada ketinggian 100 meter di atas permukaan laut. Karena itu, kamu akan dapat menemukan pemandangan Kota Bau-Bau dan Selat Buton yang memanjakan mata.

2. Pantai Koguna di Kabupaten Buton

Tertarik dengan wisata bahari? Pantai Koguna cocok untuk kamu kunjungi! Destinasi wisata pantai satu ini terletak di Desa Mopaano, Kecamatan Lasalimu Selatan dan berjarak 40 km dari Pasarwajo, ibu kota Kabupaten Buton.

Pantai Koguna bercirikan pasir putih yang halus dengan karang putih di dasar lautnya. Hamparan air laut biru yang bersih juga menambah keindahan pantai ini. Tak jauh dari pantai, wisatawan juga dapat mengunjungi habitat udang kecil merah yang menjadi salah satu daya tarik wisata lainnya.

3. Air Terjun Kandawu-ndawuna

Air Terjun Kandawu-ndawuna terletak di Desa Wakuli, Kecamatan Kapontori dengan ketinggian yang mencapai 30 meter. Air terjun ini merupakan salah satu surga tersembunyi di Kabupaten Buton mengingat lokasinya yang berada di tengah hutan dan masih terjaga keasriannya.

Keindahan alam air terjun Kandawu-ndawuna pun tak boleh diragukan. Dengan air yang jernih dan aksen bebatuan serta udara yang sejuk, kamu bisa merasakan pengalaman berwisata yang unik dan menenangkan.

4. Gua Lakasa

Suka tantangan dan ingin mengunjungi destinasi wisata anti-mainstream? Gua Lakasa merupakan destinasi yang cocok untukmu! Terletak di Kota Bau-Bau, gua satu ini memiliki kedalaman mencapai 120 meter.

Mengunjungi Gua Lakasa memang butuh tenaga yang ekstra, namun seimbang dengan keindahan yang akan kamu temukan. Mulai dari mata air yang jernih hingga pemandangan stalaktit dan stalakmit, semuanya bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Kamu pun dapat menikmati keindahan Gua Lakasa dengan berbagai aktivitas menarik, seperti menjelajahi isi gua yang cukup lebar atau berenang dan menikmati kesegaran pemandian di dalam gua.

5. Pulau Liwutongkidi di Kabupaten Buton

Liwutongkidi merupakan pulau tak berpenghuni yang berada di Kecamatan Kadatua dengan luas sekitar 1.000 km2. Hamparan pasir putih dan pemandangan laut biru yang indah menjadikan pulau ini sebagai destinasi wisata yang patut dikunjungi.

Pulau Liwutongkidi dilengkapi dengan keindahan biota laut dan terumbu karang yang indah, serta pemandangan ikan yang berenang dengan bebasnya. Tidak heran, Pulau Liwutongkidi cocok dijadikan sebagai spot ping dan snorkeling.

Aktivitas menarik lainnya yang dapat kamu lakukan di pantai ini, yaitu dengan menyusuri kawasan pulau dan mendaki bukit untuk menikmati keindahan pulau dari ketinggian. Berkunjung pun terasa bak di pulau pribadi!

Itu dia beberapa daftar destinasi wisata alam yang dapat kamu nikmati di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara.(ril/*)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL