Data Scientist, Prospek Karier yang Menjanjikan di Masa Depan

ilustrasi.(net)
ilustrasi.(net)
Seiring perkembangan teknologi, Data Scientist menjadi salah satu profesi yang banyak dicari di industri teknologi. Yuk, simak fakta-fakta menarik tentang Data Scientist di sini!


BATAM,www.wowbabel.com -- Perkembangan teknologi membuat perusahaan berbasis teknologi semakin meningkat. Sejalan dengan hal tersebut, prospek karier Data Scientist kini banyak dicari oleh industri teknologi. Pada tahun 2021, Harvard Business Review juga telah menyebut bahwa profesi Data Scientist akan menjadi prospek kerja yang menjanjikan di abad ke-21.

Berdasarkan sebuah penelitian, pada tahun 2018, jumlah data di dunia mencapai 33 zettabytes dan diproyeksikan akan meningkat 133 zettabytes pada 2025. Dengan Data Scientist, kamu bisa mengumpulkan dan mempelajari pola perilaku pelanggan sebuah perusahaan. Hal itu membuat kamu bisa meningkatkan kualitas produk berdasarkan data yang diperoleh atau bahkan membuat sebuah inovasi bisnis.

Data Scientist memiliki kemampuan mengolah banyak data dalam satu waktu. Dengan kata lain, Data Scientist mampu mengolah data dalam ukuran besar dalam sehari. Tak hanya itu, Data Scientist juga dituntut dapat mengkomunikasikan hasil olahan data dengan kreatif.

Untuk menjadi seorang Data Scientist, kamu perlu menguasai sejumlah disiplin ilmu, seperti Ilmu Statistik, Pemrograman, dan bidang lainnya tergantung pada bidang perusahaan. Kamu penasaran seperti apa profesi Data Scientist? Salah satu institusi pendidikan unggulan bidang sains dan teknologi yang berbasis di Batam, Kepulauan Riau, adalah Institut Teknologi Batam (ITEBA), merangkumnya dalam ulasan berikut:

1. Upah Data Scientist Tinggi

Data kini menjadi hal yang penting bagi sebuah perusahaan. Sulitnya mendapat Data Scientist di Indonesia membuat profesi ini banyak diminati oleh perusahaan. Data Scientist junior di Indonesia mendapatkan gaji sekitar 7-10 juta. Sementara itu, untuk pakar Data Scientist di Indonesia mendapatkan gaji di atas 10 juta.

Upah tersebut diberikan bukan tanpa alasan. Sekitar 12% pemangku kepentingan di sebuah perusahaan belum paham cara menganalisis big data. Sementara, 10% perusahaan kekurangan Data Scientist.

2. Lapangan Pekerjaan Terbuka Lebar

Berbagai penelitian yang telah dilakukan di dunia menunjukkan bahwa profesi Data Scientist akan meningkat di belahan dunia mulai tahun 2020. Laporan LinkedIn juga mempertegas hasil penelitian tersebut dan mengungkapkan bahwa permintaan tenaga kerja Data Scientist telah meningkat dibanding lima tahun yang lalu.

Data-data konkret tersebut membuat Data Scientist menjadi profesi yang paling menjanjikan di masa depan. Hal ini pun dikonfirmasi oleh International Business Machines (IBM) yang mengatakan bahwa pekerjaan Data Scientist, Data Developer, dan Engineer akan meningkat mulai tahun 2020.

3. Membantu Menentukan Keputusan Perusahaan

Data Scientist dapat membantu perusahaan menganalisis data. Sebuah data dalam dunia bisnis diperlukan untuk mengembangkan perusahaan menjadi lebih maju. Hasil dari analisis dapat membantu perusahaan untuk mengambil keputusan untuk mencapai tujuan bersama. 

4. Ilmu Interdisiplin 

Menjadi Data Scientist tak harus berasal dari lulusan Teknik. Pasalnya, Data Scientist adalah ilmu interdisiplin atau ilmu gabungan dari beberapa bidang, misalnya Ilmu Ekonomi, Matematika, dan Elektro. Hal yang terpenting jika kamu berminat menjadi Data Scientist adalah pastikan kamu menguasai ilmu pemodelan, algoritma, analisis, machine learning, dan bahasa pemrograman.

5. Mengutamakan Proses

Profesi Data Scientist mengutamakan proses. Artinya, mulai dari pemerolehan data hingga proses pengolahan data harus dilakukan dengan proses yang tepat. Data Scientist professional tentunya telah melalui proses-proses yang panjang sebelum ke tahap pengolahan data. Latihan dan pengalaman tentu menjadi kunci utama seorang Data Scientist.

Itulah serba-serbi tentang Data Scientist yang wajib kamu ketahui. Semakin banyak berlatih, semakin besar pula peluangmu untuk menjadi Data Scientist profesional. Jika kamu tertarik untuk menyiapkan karier sebagai Data Scientist, Institut Teknologi Batam (ITEBA) siap membimbing kamu dengan beragam program studi Sains dan Teknologi.(*)




TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL