Harga Cabai di Pangkalpinang Kian Pedas, Tembus Rp 100 Ribu

Caption: Pedagang Cabai di Pasar Pangkalpinang.  (hdd/wb)
Caption: Pedagang Cabai di Pasar Pangkalpinang. (hdd/wb)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Harga cabai rawit di pasaran kembali pedas alias mengalami kenaikan hingga mencapai Rp 100 ribu per kilogram. Hal itu seperti yang terpantau di Pasar Pagi dan sekitarnya di Kota Pangkalpinang, Rabu (14/4/2021).

Satu hari sebelumnya, Selasa (13/4/2021) harga cabai rawit lokal di pasaran masih dijual berkisar Rp 90 ribu per kilogram.

"Cabe rawit dari Rp 90 ribu menjadi 100 ribu, sedangkan cabe besar dari Rp 36.000 menjadi Rp 45.000 per kilogram," kata Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang, Yiyi Zilaida Dwitri, Rabu (14/4).

Sementara itu, salah seorang pedagang cabai di Pasar Induk Kota Pangkalpinang, menyebut pihaknya saat ini menjual cabai rawit lokal seharga Rp 95.000 - Rp 100.000 per kilogram.

"Cabai rawit lokal Rp 95-100 ribu per kilogram, untuk cabai kriting Rp 50 ribu per kilogram. Tidak menentu orang jualnya. Untuk harganya tergantung panen, tapi kalau panennya kurang dinaikan mereka harganya. Itu juga tergantung cabai luar masuk," ujarnya.

Iswadi, seorang distributor atau pihak agen cabai di wilayah Pasar Induk, memastikan stok cabai rawit lokal Bangka maupun Belitung dan cabai kriting dipastikan aman meskipun harganya melonjak.

Stok cabai rawit tersebut dapat didatangkan dari penyuplai yang ada dari sejumlah daerah.

"Misalnya stok cabai kosong di Bangka. Namun beberapa hari ini kita enggak kirim cabai lokal ini karena harganya melonjak," katanya.

"Kita agen, kita juga ngecer untuk bantu toko atau pedagang kecil, ada selisih harganya kalau untuk jual. Ya, mereka pedagang beli disini," ujarĀ 

Kenaikan harga cabai di pasaran ini telah berlangsung dari beberapa bulan yang lalu dari para petani cabai. Katanya, meskipun saat ini sedang berlangsung musim panen rawit.

"kenaikan harga capai rawit lokal sudah lebih dua bulan. Untuk stok Insya Allah, aman. Karena dua hari sekali bisa kita datangkan," kata Iswadi. (hdd/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL