Ini Daftar Enam Pondok Pesantren di Bangka Barat yang Terdata Kemenag

Ilustrasi. (net)
Ilustrasi. (net)

MUNTOK, www.wowbabel.com -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka Barat mencatat hanya ada enam pondok pesantren (Ponpes) yang terdaftar resmi di Kabupaten Bangka Barat dan masih pada tingkatan Pondok Pesantren biasa.

Kepala Kantor Kemenag H.Syarifudin mengatakan, Ponpes adalah lembaga pendidikan keagamaan yang dikelola oleh masyarakat dengan bentuk proses belajar mengajar kurikulum tertentu.

"Berbeda dengan sekolah dan madrasah. Kalau pondok pesantren modern sudah pakai sistem kelas, berjenjang iya itu kalau modern," ucap Syarif.

Syarif menuturkan kalau di Bangka Barat seperti di Pelangas Pondok Pesantren dengan sistem kelas dibuat Tsanawiyah dan Aliyah misalnya siang sekolah umum dan malamnya mondok.

"Mereka punya dua sistem di situ sekolah umumnya ada, nanti sorenya belajar lagi mereka belajar pesantren belajarnya agama, sistem kelasnya mereka mendirikan madrasah," ujarnya.

Ia membenarkan salah satu pondok pesantren modern di Bangka Belitung adalah Islamic Center, jika di Bangka Barat yang banyak ada yang disebut istilah Santri Kalong (siang pelajaran umum, belajar keagamaan di malam harinya).

"Banyak sekali pesantren kita itu yang belum punya pondok untuk menginap asramanya, tapi kalau yang di Kemuje ada, di Tempilang ada asramanya. Tingkatan mereka juga ada tsanawiyah, ada Aliyah nya jadi kadang dapat dua ijazah," jelasnya.

Ditambahkn Kasi Papkis Kemenag Bangka Barat Nurmina bahwa data manual pondok pesantren di lingkungan Kemenag Bangka Barat tahun 2021 sebanyak enam ponpes yaitu;

Pertama, Ponpes Miftahul Khoir, Pimpinan Pardi,S.Ag, Jalan AMD.Desa Kundi Simpang Teritip, Santri tidak mukim sebanyak laki-laki 221 orang dan perempuan 146 orang.

Kedua, Ponpes Miftahul Jannah, Pimpinan Ust.Iskandar, Desa Pelangas Simpang Teritip, Santri mukim sebanyak laki-laki 54 orang dan perempuan 23 orang.

Ketiga, Ponpes Madinatul Ilmi, Pimpinan Ust.Wendi Darmawan,SH, Desa Sangku Tempilang, Santri Mukim sebanyak laki-laki 35 orang dan Perempuan 36 orang.

Keempat, Ponpes Ta'limul Muta'alim, Pimpinan KH.Imam Suhada, Desa Air Kuang Jebus, Santri Mukim sebanyak Laki-laki 47 orang dan perempuan 13 orang, santri tidak mukim sebanyak laki-laki 113 orang dan perempuan 104 orang. 

Kelima, Ponpes Darut Ta'lim, Pimpinan Ust.KH.Azas Kasali, Dusun IV Riang Kundi Simpang Teritip, Santri mukim sebanyak laki-laki 68 orang dan perempuan 43 orang.

Keenam, Ponpes Sunanul Huda, Pimpinan Ust.Arsyi Asy Syami, Kampung Mentok Asin Kelurahan Tanjung Mentok, Santri Mukim sebanyak laki-laki 10 orang dan perempuan 7 orang. (rul/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL