Jokowi Minta Kepala Daerah Perbanyak Program Padat Karya Dalam APBD

Caption: Presiden Joko Widodo. (IST)
Caption: Presiden Joko Widodo. (IST)

JAKARTA, www.wowbabel.com -- Para kepala daerah wajib memanfaatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)  untuk membantu masyarakat di lapisan bawah yang terdampak pandemi. Salah satu caranya dengan memperbanyak program padat karya yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan di daerah.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo  saat memberikan pengarahan kepada para peserta Rapat Koordinasi Kepala Daerah Tahun 2021, Rabu (14/4/2021).

"Saya minta agar APBD ini bisa memberikan pekerjaan kepada masyarakat di lapis bawah dengan cara perbanyak program-program padat karya untuk penciptaan lapangan pekerjaan sambil menunggu ekonomi kembali pulih sepenuhnya," ujarnya.

Terkait dengan anggaran, Presiden berpesan agar para kepala daerah cukup membuat beberapa kegiatan besar dengan anggaran yang terkonsentrasi ke kegiatan tersebut dibandingkan dengan dibagi ke banyak kegiatan kecil. Dengan demikian, hasilnya akan bisa dilihat dan dirasakan oleh masyarakat.

Jokowi memberi  contoh, ada anggaran di sebuah kabupaten sebesar Rp2 triliun  untuk diusahakan kepada porsi belanja modal  dan belanja pembangunan yang lebih besar.

"Hati-hati, saya titip yang namanya belanja aparatur, belanja pembangunan, belanja modal dilihat lebih besar yang mana. Usahakan agar belanja pembangunan, belanja modal itu lebih besar dari belanja aparatur," ujarnya.

"Kalau sudah ketemu belanja pembangunan belanja modal, jangan sampai yang namanya anggaran itu dibagi rata ke masing-masing unit atau dinas. Hati-hati," jelasnya.

Pemerintah daerah juga segera mengeksekusi bantuan sosial yang sangat dibutuhkan warganya. Pemerintah pusat telah mengalokasikan bantuan sosial yang diberikan kepada masyarakat di daerah. Bila terdapat sejumlah titik di daerah yang masih belum tersentuh bantuan tersebut, maka pemerintah setempat langsung bergerak untuk  memberikan bantuan sosial. (wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL