Provinsi dan Kabupaten/Kota Jangan Perlambat Investasi

Caption: Presiden Joko Widodo saat menghadiri  Rapat Koordinasi Kepala Daerah Tahun 2021 secara virtual, Rabu (14/4/2021). (IST)
Caption: Presiden Joko Widodo saat menghadiri Rapat Koordinasi Kepala Daerah Tahun 2021 secara virtual, Rabu (14/4/2021). (IST)

JAKARTA, www.wowbabel.com -- Presiden Joko Widodo kembali menekankan kepada para kepala daerah untuk tidak memperlambat izin investasi di daerah. Sebab investasi akan menciptakan lapangan pekerjaan dan menggerakkan ekonomi.  

"Daerah baik provinsi, kabupaten, maupun kota jangan memperlambat yang namanya izin investasi karena investasi menciptakan lapangan pekerjaan," tuturnya saat memberikan pengarahan kepada para peserta Rapat Koordinasi Kepala Daerah Tahun 2021 secara virtual, Rabu (14/4/2021).

Investasi yang masuk ke suatu daerah  akan menggerakkan perekonomian daerah tersebut. Ketidaksigapan untuk melayani perizinan investasi akan  memperlambat pertumbuhan ekonomi daerah yang juga memperlambat pertumbuhan ekonomi nasional.

Selain itu, kata Presiden, investasi juga memberikan pemasukan kepada negara dan daerah. Dari aktivitas investasi itu lah negara maupun daerah dapat menarik pajak dan retribusi.

"Sebanyak 76 persen pendapatan negara itu diperoleh dari pajak. Besar sekali. Kalau ada investasi baru mendirikan perusahaan, pabrik, atau industri artinya ada yang kita pungut pajaknya. Ada tambahan lagi," kata Presiden Jokowi.

Oleh sebab itu, Jolowi  mengingatkan pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan dan dukungan penuh bagi dunia usaha yang hendak melakukan investasi agar pemulihan ekonomi daerah dan nasional dengan mudah dilakukan. (wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL