Syarifudin: Diperbolehkan Lanjut Makan Sahur Walaupun Sudah Adzan Subuh

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Barat, Syarifudin .(rul/wb)
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Barat, Syarifudin .(rul/wb)

MUNTOK,www.wowbabel.com -- Memasuki Bulan Suci Ramadan 1442 H, Kantor Kementerian Agama Bangka Barat menjelaskan tata cara makan sahur saat Adzan Salat Subuh sudah berkumandang masih diperbolehkan untuk melanjutkan makan minum tapi tidak untuk menambah.

"Kalau di Negara Timur Tengah atau negara lain tidak pernah menyebut imsak adanya itu sahur, itu kapan kalau makan jam satu malam kan bukan sahur itu makan malam," tutur Syarifudin, Kamis (15/04/2021).

"Berakhirnya sahur itu setelah memasuki Subuh, kalau kata Nabi sudah nampak sinar di ufuk tanda kemerah-merahan sudah muncul stop lah itu batasnya," tutur Syarif.

"Kalau lagi makan terdengar Adzan Salat Subuh sekalipun teruskan makanmu Nabi gak menyuruh berhenti tapi bukan nambah. Imsyak itu tanda bahwa sudah mendekati Salat Subuh,” terangnya.

Syarifudin menyebutkan mendahului berbuka hukumnya sunah, dan menyelesaikan sahur juga sunah, seperti contoh pada saat sahur sudah terdengar bunyi Adzan Subuh maka diperbolehkan untuk menghabiskan terlebih dahulu nasi yang masih bersisa di piring bukan dihentikan atau dibuang.(rul/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL