Cegah Tambang Liar, Kapolda Babel Perintahkan Tambah Pasukan di Sukadamai

Aston    •    Jumat, 16 April 2021 | 22:19 WIB
Lokal
Kapolda Bangka Belitung, Irjen Pol Anang Syarif.(as/wb)
Kapolda Bangka Belitung, Irjen Pol Anang Syarif.(as/wb)

TOBOALI,www.wowbabel.com --  Kapolda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat memerintahkan penambahan pasukan pengamanan di Perairan Sukadamai Toboali dalam rangka pengamanan aktivitas penambangan biji timah di perairan setempat. 

"Kemarin sudah kami kirim pasukan tambahan sebanyak 100 personil untuk membackup Polres Basel dalam rangka pengamanan," kata Irjen Pol Anang Syarif Hidayat kepada wartawan disela kunjungan pemantauan di perairan laut Sukadamai Toboali, Jumat (16/4/2021). 

Penambahan pasukan pengamanan tersebut bertujuan untuk mencegah aktivitas penambangan secara liar. Hanya saja Kapolda tidak menyebutkan alasan khusus penambahan pasukan gabungan TNI/Polri tersebut. 

Namun, kuat dugaan untuk mengantisipasi masuknya tambang liar di tengah momen menjelang lebaran idul fitri. Kapolda pun menegaskan akan menindak dan memproses aktivitas penambangan liar. 

"Yang membandel ya sudah sikat. Sederhana saja, yang ilegal sikat.," tegasnya. 

"Buktinya sudah ada. Ada 54 TI ilegal baik PIP dan TI Selam yang sudah kami amankan," sambungnya.

Saat ini di perairan Sukadamai terlihat banyak peralatan tambang baik model PIP dan TI Selam yang terparkir disepanjang pantai. Melihat kondisi tersebut, Kapolda menyebutkan telah memerintahkan untuk terus mengawasinya. 

"Sejauh dia tidak melakukan aktivitas ya tidak bisa kita apa apakan tapi kalau nanti dia beraktivitas dan kalau memang ilegal ya kami tangkap," tuturnya. 

Pasukan yang ditugaskan dalam pengamanan juga diperintahkan Kapolda untuk sering melakukan patroli terutama dimalam hari. 

"Patroli terus. Malam hari juga karena kekuatan sudah bertambah," tukasnya.(as/wb) 



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL