Program AKP Dinilai Bermasalah Inspektorat Audit Dua Dinas

Caption: Plt Inspektur Inspektorat Bangka Barat, Ulises Sianturi. (rul/wb)
Caption: Plt Inspektur Inspektorat Bangka Barat, Ulises Sianturi. (rul/wb)

MUNTOK, www.wowbabel.com -- Inspektorat Daerah Kabupaten Bangka Barat melakukan audit kepada Dinas  Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (PMPPTSPTKT) dan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga  Dikpora (Disdikpora) Bangka Barat terkait  program Akademi Komunitas Kepresidenan (AKP) di era bupati sebelumnya.

Plt Inspektur Ulises Sianturi menjelaskan, sebelumnya memang sudah pernah mendapat perintah dari Markus saat masih jadi Bupati Bangka Barat disposisi agar Inspektorat Daerah melakukan audit ke AKP (Akademi Komunitas Kepresidenan).

"Ini sedang proses kami mau ke Kadis Pendidikan Rukiman beliau sedang kena covid jadi kami mundur dulu, di dewan kan kemarin ada RDP kan mundur juga," kata Ulises, Jumat (16/04/2021).

Ulises menuturkan belum bisa menyimpulkan dugaan sementara Maladministrasi atau tidak karena masih perlu melihat dan memetakan terlebih dahulu.

"Kami kan berdasarkan data dulu, keterangan nanti kita carikan apa sih yang jadi permasalahannya baru dengan berita-berita yang ada itu coba kita analisa," ujarnya.

Menurutnya, saat ini masih dalam tahap memintai keterangan dari pihak terkait yaitu DPMPPTSPTKT dan Dikpora, sekaligus keterangan dari anak-anak Bangka Barat yang menjadi mahasiswa kuliah di AKP Jababeka.

"Kita proses di Inspektorat lewat APIP, kami akan proses itu kalau instansi yang di Audit yaitu Satu Pintu yang mengajukan minta CSRnya, Dinas Pendidikan sebagai sumber mahasiswanya kita telusuri semua termasuk juga AKP nanti kami mintai keterangan," sebutnya.

Inspektorat akan menelaah dan menganalisa dari segala keterangan yang didapat untuk proses audit program AKP Jababeka. 

"Kalau AKP nanti dari mulai proses mereka kesini menawarkan proses-proses seperti itu terus kelanjutannya karena covid ini atau apa kan, siswa juga akan kami panggil tapi mungkin perwakilan," ujarnya.

Inspektorat saat ini sudah dari Kepala DPMPPTSPTKT Rosdjumiati untuk mengumpulkan seluruh mahasiswa AKP dari Bangka Barat tersebut untuk diambil keterangannya melalui pertanyaan yang dimuat Inspektorat nanti.

"Baru bu Ros karena pak Rukimannya belum bisa kami temui. Belum kami analisa baru kami kumpulkan data dulu, nanti hasilnya bisa bentuk rekomendasi yang jelas kan nanti ada disposisi kami buat laporannya ke beliau," terang Plt.Inspektorat Daerah Bangka Barat. (rul/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL