Polda Bangka Belitung Amankan Puluhan Kampil Pasir Timah dari PIP Sukadamai

Aston    •    Senin, 19 April 2021 | 21:10 WIB
Nasional
Pasir timah yang berhasil diamankan aparat kepolisian.(as/wb)
Pasir timah yang berhasil diamankan aparat kepolisian.(as/wb)

TOBOALI,www.wowbabel.com -- Polisi dikabarkan mengamankan puluhan kampil pasir timah diduga  ilegal yang berasal dari aktivitas penambangan di perairan Sukadamai Toboali, Bangka Selatan. 

Puluhan kampil pasir timah tersebut diamankan oleh satuan tugas (Satgas) Penegakkan Hukum (Gakkum) Pengamanan Aktivitas Ponton Isap Produksi (PIP) dan Kapal Isap Produksi (KIP) di Perairan Sukadamai, Padang, dan Nelayan Toboali. 

Pengamanan puluhan karung kampil pasir timah tersebut diamankan petugas pada Sabtu (17/4/2021) sore sekitar pukul 15.00 WIB atau satu hari sepulang Kapolda Babel, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat melakukan pengecekan PIP dan KIP di perairan Sukadamai, Jumat (16/4/2021). 

Puluhan kampil pasir timah itu  diamankan dari salah satu perusahaan mitra PT Timah yang mengantongi izin penambangan dari PT Timah di perairan setempat. 

Diduga pihak perusahaan  melakukan penimbunan biji timah hasil produksi alias tidak menjual hasil produksinya kepada PT Timah. Kuat dugaan pihak perusahaan hendak menjualnya kepada perusahaan swasta. 

Informasi yang berhasil dihimpun, sedikitnya ada 46 kampil pasir timah yang diperkirakan ribuan kilogram disita petugas dari gudang penyimpanan. Pasir timah diangkut petugas menggunakan dua mobil jenis pikep dan sempat diamankan ke Polres Basel, yang kemudian diamankan ke Polda Babel. 

Disamping itu, masih dihari yang sama sekitar pukul 17.30 WIB, Satgas Gakkum  juga mengamankan puluhan kilogram pasir timah dari dua perusahaan mitra PT Timah lainnya. Petugas dikabakan berhasil memergoki motor laut jenis speadboat kayu sedang membawa pasir timah dari perairan laut Sukadamai dan dibawa ke sebuah rumah diduga hendak dijual ke pihak swasta. 

Setelah diinterogasi petugas, puluhan kilogram pasir timah diakui berasal dari dua mitra PT Timah yang sedang beroperasi di perairan setempat. 

Pihak kepolisian tidak menampik adanya pengamanan pasir timah di Sukadamai hasil Operasi Satgas Gakkum.  

Kapolres Bangka Selatan, AKBP Agus Siswanto mengatakan bahwa penanganannya di Polda Babel. 

" Polda, Iya Polda," kata AKBP Agus. 

Kapolda Babel, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat melalui Kabid Humas, Kombes Pol Maladi  mengatakan perkara tersebut masih didalami pihak kepolisian.

" Dirkrimsus lagi pendalaman," kata Kombes Pol Maladi melalui pesan WhatsApp. 

Sementara Dir Reskrimsus Polda Babel, Kombes Pol Haryo Sugihartono dikonfirmasi belum memberikan keterangan.(as/wb) 



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL