Angka Covid-19 Membludak, Bangka Belitung Terapkan PPKM di Beberapa Desa

Robby_Salim    •    Senin, 26 April 2021 | 10:13 WIB
Nasional
Tabel Kumulatif Penyebaran Covid-19 di Provinsi Bangka Belitung.(ist)
Tabel Kumulatif Penyebaran Covid-19 di Provinsi Bangka Belitung.(ist)

PANGKALPINANG,www.wowbabel.com – Angka penularan Covid-19 di Provinsi Bangka Belitung masih terus menanjak naik. Untuk Minggu (25/4/2021) dalam satu hari terjadi penularan sebanyak 263 kasus.

Adapun sebaran kasus tersebut masing-masing Kota Pangkalpinang sebanyak 17 kasus, Kabupaten Bangka sebanyak 57 kasus, Kabupaten Bangka Tengah sebanyak 24, Kabupaten Bangka Barat sebanyak 101, Kabupaten Belitung sebanyak 50 dan Kabupaten Belitung Timur sebanyak 14 kasus.

Angka penularan Covid-19 di Bangka Barat cukup tinggi sehingga pemerintah mengambil langkah untuk menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di beberapa desa.

Pada tanggal 22 April 2021, PPKM Mikro dilaksanakan di empat desa Kecamatan Jebus, yakni Desa Jebus, Desa Ranggi Asam, Desa Mislak dan Desa Sinar Manik. Selanjutnya PPKM Mikro juga akan diperluas di lima desa lainnya yakni  Sekar Biru (Kecamatan Parittiga), Desa Tempilang (Kecamatan Tempilang), Kelurahan Sungai Baru (Kecamatan Muntok), Kelurahan Sungai Daeng (Kecamatan Muntok) dan Desa Belo Laut (Kecamatan Muntok).

Sekretaris Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bangka Belitung, Mikron Antariksa membenarkan terjadinya kenaikan signifikan kasus harian Covid 19 di Bangka Belitung. 

Kenaikan terjadi sejak dua hari belakangan ini, bahkan untuk hari ini kenaikan kasus harian Covid-19 di Bangka Belitung tertinggi keempat secara nasional.

"Ada beberapa faktor yang menyebabkan kenaikan ini, selain faktor mobilitas masyarakat yang semakin tinggi, faktor lain ialah Rapid Diagnosa Test (RDT) Antigen sekarang sudah bisa dinyatakan sebagai konfirmasi kasus positif, " ungkap Mikron  Antariksa saat dikonfirmasi, Minggu (26/4/2021) malam.

Mikron menjelaskan beberapa hasil RDT Antigen di Belitung beberapa hari lalu belum dilaporkan, saat ini dihitung sebagai data new all record (NAR). Sehingga kasus yang terkonfirm menjadi meningkat. 

"Selain yang terkonfirmasi meningkat, di Belitung juga diimbangi tingkat kesembuhan yang tinggi, " ujar Mikron

Ditambahkan Mikron, saat ini sudah ada beberapa desa yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Bangka Belitung. 

PPKM diberlakukan sebagai upaya pengendalian penularan covid19 yang meningkat di suatu wilayah tetentu. 

"PPKM sudah ada di tiga desa Kabupaten Bangka Selatan dan empat desa di Bangka Barat, kemungkinan di Bangka Barat akan bertambah 5 desa lagi untuk diterapkan PPKM," tukas Mikron.(rob/*)




BACA JUGA
MEDSOS WOWBABEL