Ini Komoditas Bahan Pokok yang Naik Jelang Lebaran di Bangka Barat

Caption: Rapat pembahasan harga daging di OR II Pemkab Bangka Barat, Selasa (4/5/2021). (rul/wb)
Caption: Rapat pembahasan harga daging di OR II Pemkab Bangka Barat, Selasa (4/5/2021). (rul/wb)

MUNTOK, www.wowbabel.com -- Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Kabupaten Bangka Barat Rozali sampaikan sejumlah komoditas pangan dan bahan pokok naik jelang lebaran tahun 2021. 

Rozali menyebutkan, berdasarkan survei dilapangan bahwa harga cabai lebih tinggi dari tahun sebelumnya, begitupula dengan harga daging sapi yang lebih tinggi dari yang disepakati.


"Yang ditentukan oleh Provinsi harganya itu Rp120 ribu namun ada beberapa Pasar, terutama di Pasar Parittiga harganya sudah mencapai Rp 140 ribu. Ada beberapa pasar yang menjualnya sudah Rp 130 ribu," ucap Rozali dalam rapat pembahasan harga daging di OR II Pemkab Bangka Barat, Selasa (4/5/2021).

Sesuai dengan Permendagri no 7 tahun 2020 harga daging sapi Rp105.000, Rozali menyampaikan beberapa solusi untuk penyediaan daging sapi menjelang lebaran diusulkan untuk kerjasama dengan Bulog.

"Kemudian kerjasama dengan BUMN yaitu seperti PT Timah, Perbankan, serta perusahaan swasta di perkebunan sawit untuk pengadaan pasar murah daging sapi melalui dana CSR," sebutnya.

Sementara untuk komoditi beras dibandingkan dengan tahun 2020 harga sekarang lebih rendah sekitar Rp 12 ribu per kilogram.

Begitupula dengan harga gula kiloan dan merk PSM, minyak sayur Bimoli lebih rendah dari tahun sebelumnya kecuali merk Fortune lebih tinggi dari tahun sebelumnya yaitu Rp 12.325 menjadi Rp12.911.

Sedangkan harga bahan pokok untuk daging sapi dan daging ayam mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya, bersama bahan pokok cabe pada bulan April 2021 ini. (rul/wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL