Harga Timah Catat Rekor, Sudah USD 30.700 Per Ton

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

PANGKALPINANG, www.wowbabel.com -- Harga timah dunia terus melesat. Di pasar timah Kuala Lumpur Tin Market (KLTM) harga timah menembus USD 30.700 per metrik ton. Rekor harga tertinggi kurun 10 tahun terakhir ini.

Tak saja di KLTM, harga timah juga naik di pasar logam London Metal Exchange (LME), pada pembukaan pasar hari Selasa (4/5/2021) pagi,  harga timah untuk kontrak tiga bulanUSD 29.004 per metrik ton, naik dari hari sebelumnya.

The Star, melaporkan harga yang terus naik di pasar logam karena permintaan yang tinggi. 

"Adanya optimisme perbaikan ekonomi global dan masih tutupnya pasar logam China," tulis Adam William dari FastMarket, Rabu (5/5/2021) menyikapi kenaikan harga timah.

Sebagaimana diketahui, China sebagai produsen sekaligus konsumen timah terbesar dunia mulai beralih untuk mengekspor  logam timah batangan dengan harga  yang terus naik. China juga mendapat pasokan timah selaian dari Myanmar, juga dari Bolovia dan Replubik Kongo di Afrika.

“Harga-harga super tinggi sejauh ini gagal menghasilkan respons pasokan produsen di luar China,” ujar Wahyu seorang analis pasar logam Indonesia yang dikutip dari bisnis.com. 

Sedangkan Indonesia sebagai salah satu pengekspor timah terbesar dunia, tercatat mengalami penurunan ekspor sebesar 24 persen selama tiga bulan pertama tahun 2021, memperpanjang tren turun yang telah berlangsung sejak 2018.

Produsen utama negara PT Timah Tbk (TINS) telah mengarahkan untuk menurunkan produksi dan penjualan tahun ini. Sehingga masih harus dilihat apakah sektor timah swasta dapat meningkatkan produksi dan, yang sama pentingnya, mengekspornya melalui kontrol ketat Indonesia.

Wahyu menilai harga timah yang berada di level tinggi ini, masih akan berpotensi untuk naik melihat tren kenaikan harga timah yang justru naik selama pandemi Covid-19 ini. Walaupun tidak banyak tersisa ruang untuk naik. (wb)



TRENDING TOPICS
MEDSOS WOWBABEL